Anies Baswedan Bertekad Bangun Kembali Kampung Akuarium yang Digusur Ahok
Nasional

Kampung Akuarium dikenal sebagai salah satu perkampungan kumuh di pesisir Jakarta. Mantan Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, sempat menggusur kampung tersebut pada April 2016.

WowKeren - Pemprov DKI Jakarta berencana untuk membangun sejumlah hunian warga di Kampung Akuarium, Jakarta Utara, pada 2020 mendatang. "Benar (akan dibangun). Jumlahnya 142 unit dalam bentuk rumah lapis," tutur Kepala Bidang Pembangunan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Triyanto, dilansir CNN Indonesia, Selasa (8/10).

Diketahui, Kampung Akuarium dikenal sebagai salah satu perkampungan kumuh di pesisir Jakarta. Mantan Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, menggusur kampung tersebut pada April 2016.


Kala itu, Ahok beralasan bahwa penertiban dilakukan untuk mengembalikan Kampung Akuarium ke fungsinya sebagai cagar budaya. Kala itu, Ahok juga telah menyediakan tiga rusun tambahan, yakni rusun di Jalan Raya Bekasi Km 2, rusun tambahan di Rusun Rawa bebek, dan rusun baru di Rusun Marunda Baru. Namun tawaran rusun tersebut ditolak oleh warga Kampung Akuarium.

Meski demikian, penerus Ahok, yakni Gubernur Anies Baswedan, justru menolak penggusuran tersebut. Oleh sebab itu, Anies akan membangun rumah lapis dengan masing-masing seluas 27 meter persegi. "Rumah lapis itu tingginya maksimal empat lantai," terang Triyanto.

Anies sendiri sudah memasukkan penataan kembali Kampung Akuarium dalam komitmennya sejak awal menjabat sebagai Gubernur. Anies juga pernah menerima desain Kampung Akuarium dari warga pada Februari 2019.

"Kampung Akuarium adalah salah satu kampung bersejarah yang terlibat dalam Community Action Plan untuk menata kembali kampung mereka pasca penggusuran 2016," tulis Anies di Instagram pada Senin (7/10). "Tadi kita diajak melihat kebun bersama yang dikelola oleh warga, di belakang shelter sementara Kampung Akuarium."

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut juga berjanji Kampung Akuarium akan menjadi kampung wisata bahari yang ramah lingkungan. Selain itu, Kampung Akuarium juga akan tetap menghormati situs sejarah di sekitar Pelabuhan Sunda Kelapa.

Menurut Anies, hasil perencanaan Kampung Akuarium bersama warga juga telah tuntas. Hasil perencanaan tersebut pun bisa dilihat di akun Instagram @kampung_akuarium. "Insyaallah pembangunannya akan kita mulai pada 2020 mendatang," pungkas Anies.

You can share this post!

Related Posts
Loading...