UGM Tolak Ustaz Abdul Somad, Tagar #UniversitasGajahMati Bergema
Instagram/ustadzabdulsomad_official
Nasional
UGM Tolak Ustaz Abdul Somad

UGM diketahui membatalkan kuliah umum oleh Ustaz Abdul Somad yang sedianya digelar pada Sabtu (12/10). Keputusan ini pun menuai beragam reaksi dari masyarakat.

WowKeren - Baru-baru ini Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dikabarkan membatalkan kuliah umum yang sedianya diberikan oleh Ustaz Abdul Somad (UAS). Rencananya kuliah umum tersebut akan digelar di Ruang Utama Masjid Kampus UGM pada Sabtu (12/10).

Informasi ini dibenarkan oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Iva Aryani. Menurutnya pimpinan universitas yang meminta agar acara tersebut dibatalkan.


Lebih lanjut, menurut Iva, keputusan itu diambil untuk menjaga keselarasan kegiatan akademik dan nonakademik dengan jati diri UGM. "Hal tersebut (pembatalan kuliah umum Abdul Somad) dilakukan untuk menjaga keselarasan kegiatan akademik dan kegiatan nonakademik dengan jati diri UGM," ujar Iva, Rabu (9/10).

Penolakan ini pun menuai beragam reaksi dari masyarakat. Hingga berita ini ditulis, lebih banyak tanggapan bernada negatif yang diberikan terutama oleh warganet.

Bahkan warganet sampai menyuarakan protes mereka lewat tagar #UniversitasGajahMati. Tak tanggung-tanggung, tagar ini sudah berada di posisi lima teratas Trending Topic Indonesia. Tagar ini sudah diramaikan dengan lebih dari empat ribu cuitan.

UGM Tolak Ustaz Abdul Somad, Tagar #UniversitasGajahMati Bergema

Twitter

Di sisi lain, Ketua Takmir Masjid UGM, Drs Mashuri Maschab pun berani menyampaikan secara blak-blakan alasan di balik penolakan UAS tersebut. Menurutnya penolakan itu hanya alasan menutupi ketidaksukaan UGM terhadap sang ustaz. "Kita harus berterus terang, UGM tidak menyukai UAS," ujar Mashuri di kediamannya, Sleman, Rabu (9/10).

Mashuri mengaku mendapatkan jawaban itu dari dua Wakil Rektor UGM yang ia temui langsung, Djagal Waseso dan Bambang Agus. Menurutnya ada beberapa alasan yang disebutkan Djagal, salah satunya tekanan alumni.

Kendati demikian Djagal meyakini salah satu penjelasan soal tekanan alumni dari luar menjadi alasan terkuat UGM untuk menolak kedatangan UAS. Namun demikian, Djagal tak pernah mengungkapkan siapa alumni yang dimaksud.

"Alasannya itu karena UGM dapat tekanan, saya bilang, 'Pak kalau kita bicara tekanan kita harus seimbang, ada yang pro dan kontra, ada yang suka ada yang tidak suka, itu harus diperhatikan'," paparnya. "Nah kalau alumni itu di Jakarta, di Manado, misalkan, menolak cuma lewat WA, kan tidak adil, kalau alumni yang menolak itu sering datang itu pasti kita perhatikan."

You can share this post!

Related Posts
Loading...