Veronica Koman Ungkap Situasi Papua Saat Temui Komisiaris Tinggi HAM PBB
Nasional

Menemui Komisiaris Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (KT PBB) atau yang lebih dikenal dengan OHCHR, Veronica Koman ungkap situasi terkini di Papua.

WowKeren - Aktivis Veronica Koman telah melakukan pertemuan dengan Komisiaris Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (KT PBB) atau yang lebih dikenal dengan OHCHR, Michelle Bachelet. Pada pertemuan tersenut, Veronica Koman menceritakan tentang situasi terkini yang sedang terjadi di Papua.

Melalui media sosial, Veronica Koman mengaku telah bertemu dengan Michelle Bachelet dan membahas sejumlah masalah yang sedang terjadi di wilayah Papua. Walau begitu, Veronica Koman tidak menjelaskan secara rinci dimana pertemuan tersebut dilakukan.

Veronica Koman hanya menuliskan secarik informasi mengenai wilayah dan tanggal yang menjadi waktu pertemuan yaitu Tanah Gadigal, 8 Oktober 2019. Pertemuan pada Kamis (8/10) lalu diketahui berada di Australia mengingat Tanah Gadigal merupakan bagian dari negara tersebut.

Pada pertemuan tersebut, Veronica Koman menyoroti tentang situasi keamanan yang berada di Papua. Pengacara HAM tersebut mengkritisi tentang pendekatan keamanan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia.


Tak hanya itu, Veronica Koman juga membahas tentang banyaknya warga sipil yang menjadi pengungsi setelah terjadinya kerusuhan berdarah di Wamena, Papua. Veronica Koman juga menceritakan kepada Michelle Bachelet tentang hak untuk berekspresi yang saat ini menjadi permasalahan di Papua setelah terjadinya sejumlah penangkapan aktivis politik di Papua.

"Saya menyampaikan kepadanya tentang perkembangan situasi terkini krisis West Papua terutama tentang pendekatan keamanan oleh pemerintah Indonesia," kata Veronica Koman melalui keterangan tertulisnya. "Banyaknya warga sipil yang kini berada dalam pengungsian, pemberangusan hak atas kebebasan berekspresi besar-besaran termasuk penangkapan para aktivis politik damai."

Selain Papua, Veronica Koman juga membahas tentang aksi demonstrasi besar-besaran mahasiswa yang belakangan ini telah terjadi di Indonesia. Lebih lanjut Veronica Koman memberitahu Bachelet mengenani sejumlah penangkapan yang dilakukan aparat keamanan kepada pelajar dan mahasiswa pada aksi demonstrasi beberapa waktu lalu.

Veronica Koman juga menyoroti tindakan aparat keamanan yang melakukan sejumlah kekerasan terhadap sejumlah mahasiswa dan pelajar yang mengikuti unjuk rasa. "Penggunaan kekuatan berlebihan dalam menangani aksi para pelajar dan mahasiswa yang menolak berbagai perangkat hukum bermasalah di Indonesia bulan lalu," kata Veronica.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait