Wacanakan Tiket Masuk Rp 14 Juta, Luhut Bakal Sulap Pulau Komodo Jadi 'Jurassic Park'
Nasional

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan sempat mewacanakan harga tiket masuk Pulau Komodo sebesar Rp 14 juta. Namun, belum ada pembahasan lanjut setelahnya.

WowKeren - Pemerintah telah menyatakan komitmen mereka untuk menata kembali Pulau Komodo. Tak hanya dimanfaatkan untuk pariwisata, namun juga akan dijadikan sebagai wilayah konservasi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan berencana untuk membuat Pulau Komodo menjadi seperti taman dinosaurus "Jurassic Park". Luhut berharap bahwa dengan adanya penataan semacam itu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

"Itu kayak dinosaurus (Jurassic Park) di Komodo, mau dibikin research center. Kita mau atur supaya nggak semrawut," tutur Luhut di Jakarta, Jumat (11/10). "Jadi jangan khawatir enggak dapat kerjaan. Dengan adanya penataan begini, maka nanti penduduk setempat akan lebih sejahtera."

Luhut mengatakan nantinya juga akan ada tempat untuk bersafari seperti di Afrika. "Jadi nggak ada rencana penutupan Komodo. Kita ingin menata Komodo menjadi tourist destination. Jadi, seperti di Afrika ada tempat safari," ujarnya.

Selain Pulau Komodo, pengunjung juga bisa melihat kadal raksasa itu di Pulau Rinca. Rencananya, pulau tersebut akan dibangun lebih bagus lagi dengan menyediakan penginapan dan fasilitas lainnya.


"Pulau Rinca ada Komodo juga, Pulau Komodo ini akan dibikin eksklusif dengan research yang bagus, penginapan oke," tutur Luhut. "Kalau mau ke situ, keluarin lah uang berapa banyak."

Selain itu, Luhut juga sempat mewacanakan tiket masuk yang dibanderol seharga Rp 14 juta. Ia ingin menata Pulau Komodo sebagai tempat wisata yang eksklusif.

"Pulau Komodo itu tidak ditutup, kita mau kelola dengan baik, (pulau) yang lain kita atur dan tata jadi wisata eksklusif," ujar Luhut. "Yang penting Komodo kita atur terlindungi."

Terkait hal ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan bahwa hal itu masih sebatas wacana sehingga masyarakat tidak perlu panik dulu. "Masih usulan, masih wacana," kata Arief di Gedung BPPT, Jumat (4/10).

Sementara itu, belum ada pembahasan lebih lanjut terkait wacana tersebut. "Belum kita putuskan, bahwa ada membership boleh, bisa juga go show. Seperti main golf, bisa jadi member, bisa langsung datang. Ada plus minus," lanjutnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru