Heboh Pulau Ambon dan Seram Bakal Tenggelam ke Dasar Laut, BNPB Buka Suara
Nasional

Dalam berita yang beredar disebutkan bahwa tsunami dan gempa yang terjadi berpotensi menyeret Pulau Ambon dan Pulau Seram hingga tenggelam ke dasar laut.

WowKeren - Baru-baru ini masyarakat dihebohkan dengan berita viral yang menyebut bahwa Pulau Ambon dan Pulau Seram bisa saja tenggelam ke dasar laut. Informasi tersebut menyebut hal itu disebabkan karena posisi keduanya berada di atas tebing jurang palung laut terdalam di dunia.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun angkat bicara menanggapi informasi tersebut. Ahli Tsunami BNPB Abdul Muhari menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar adanya.

Muhari menyebutkan bahwa foto tersebut adalah hasil editan. Tidak benar jika foto tersebut dihasilkan dari citra satelit sebab satelit tidak bisa mengambil foto dasar laut bahkan hingga kedalaman 7 kilometer di bawah permukaan laut.

"Gambar tersebut bukanlah foto satelit 3D karena satelit tidak bisa membuat foto dasar laut apalagi hingga kedalaman 7 km di bawah permukaan laut," tutur Muhari melalui siaran pers seperti dilansir dari Kumparan, Sabtu (12/10). "Gambar tersebut hanyalah data batimetri biasa (tersedia banyak di internet), yang kemudian diberi efek ketinggian dan kedalaman yang lebih signifikan seakan-akan data ini baru padahal data ini adalah data lama dan data biasa saja."


Dengan kata lain, berita tersebut tak lebih dari hoaks. Terkait informasi yang menyebutkan bahwa gempa dari palung Banda akan menyeret Pulau Ambon dan Seram adalah tidak benar. Ia menegaskan bahwa belum pernah terjadi selama ini dimana sebuah gempa maupun tsunami bisa menghilangkan satu pulau besar seukuran Pulau Ambon.

"Belum ada dalam sejarah gempa dan tsunami di dunia ada gempa yang menghilangkan satu pulau sebesar Ambon," tegas Muhari. "Apalagi sebesar Pulau Seram."

Gempa yang melanda Maluku berpotensi menyebabkan longsoran lokal. Hal itu sebelumnya pernah terjadi pada gempa Palu pada 2018 lalu. "Ini harus kita sikapi dengan bijak dengan meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dan persiapan rencana evakuasi mandiri yang baik," tuturnya.

Muhari kemudian menyinggung penelitian yang sama sekali tidak membahas potensi tsunami maupun gempa yang bisa menyeret kedua pulau itu hingga ke dasar laut. Oleh sebab itu, ia menekankan agar masyarakat tak mudah terhasut dengan berita-berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru