Topan Hagibis Jepang Picu Gelombang Laut Tinggi di Sejumlah Perairan Indonesia
Nasional

Sejumlah wilayah perairan di Indonesia berpotensi terpengaruh oleh topan hagibis yang melanda Jepang pada Sabtu (12/10). Fenomena itu bisa memicu gelombang tinggi hingga 4 meter.

WowKeren - Topan Hagibis yang melanda wilayah Jepang bagian selatan rupanya ikut memberikan dampak ke Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengatakan bahwa topan tersebut berpotensi memicu gelombang tinggi di sejumlah wilayah perairan Indonesia.

"Terdapat Typhoon Hagibis 925 hPa di Samudra Pasifik selatan Jepang," tulis Bagian Hubungan Masyarakat Biro Hukum dan Organisasi BMKG melalui keterangannya seperti dilansir dari CNN Indonesia, Sabtu (12/10). "Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 3-15 knot, sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari Timur-Tenggara dengan kecepatan 5-20 knot."

Menurut catatan BMKG, ada sejumlah wilayah yang mengalami kecepatan angin tertinggi. Beberapa di antaranya yakni Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten, Laut Jawa Bagian Timur, hingga Laut Arafura.


Sementara itu, beberapa wilayah perairan lainnya juga berpotensi dilanda gelombang tinggi. Diperkirakan, tinggi gelombang sekitar 1,25 hingga 2,5 meter. Adapun wilayah perairan yang dimaksud adalah Perairan Barat Sabang-Aceh, perairan barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai.

Untuk wilayah Selat Bali hingga Samudera Hindia bagian barat, gelombang pasang yang datang bahkan diperkirakan mencapai 4 meter. "Sedangkan untuk wilayah perairan yang dilanda gelombang setinggi 4.0 meter yaitu Samudera Hindia barat Sumatera hingga Pulau Bali," ujar BMKG.

Oleh sebab itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat sekitar pantai untuk lebih memperhatikan keselamatan. "Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," ujar BMKG.

Topan ini dianggap sebagai topan yang terbesar selama 60 tahun terakhir. Lembaga Meteorologi Jepang menyebut bahwa topan dapat menyebabkan turunnya hujan deras. “Angin topan dapat menyebabkan turunnya hujan deras dengan level tertinggi serta angin kencang,” kata seorang pejabat Lembaga Meteorologi Jepang seperti dilansir Channel News Asia, Sabtu (12/10).

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru