Koordinator BEM SI Bantah Rencana Demo Mahasiswa Hari Ini
Nasional

BEM SI tak menampik soal adanya wacana untuk mengadakan aksi massa lanjutan, namun pihaknya memastikan demo tak digelar hari ini. Sedianya aksi digelar untuk menuntut soal Perppu KPK.

WowKeren - Beberapa waktu lalu sempat beredar isu terkait demonstrasi mahasiswa pada hari ini, Senin (14/10). Demo itu sendiri sedianya digelar apabila pemerintah tak memberi respons positif terkait penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kalau pun sampai 14 Oktober tidak ada juga diskusi tersebut dan tidak ada statement dari Presiden (terkait Perppu KPK)," ujar Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Trisakti, Dino Ardiansyah, Kamis (3/10). "Kita pastikan mahasiswa akan turun ke jalan dan lebih besar lagi."

Namun baru-baru ini isu soal demo mahasiswa tersebut dibantah oleh aliansi mahasiswa. Koordinator Wilayah Jabodetabek BEM Seluruh Indonesia (SI), Erfan Kurniawan, menyatakan tak ada aksi massa yang akan digelar pada Senin (14/10).

"Saya mendapat berita tentang aksi yang mengatasnamakan BEM Seluruh Indonesia untuk turun aksi pada 14 Oktober 2019," ujar Erfan, Minggu (13/10). "Berdasarkan hasil konsolidasi yang kami lakukan wilayah Jabodetabek dan Banten hasilnya adalah kami tidak akan aksi pada tanggal itu."

Kendati demikian, mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu membenarkan soal adanya wacana pengadaan aksi massa lanjutan. Namun hasil konsolidasi belum mencapai kesepakatan perihal jadwal pelaksanaan aksi.


"Kemarin kami konsolidasi, tidak akan ada aksi tanggal 14 Oktober," tegas Erfan, seperti dilansir dari Antara. "Kalau ada yang turun, bukan dari BEM SI."

Informasi senada juga disampaikan oleh Koordinator BEM SI, Nurdiansyah. Apabila benar ada aksi massa pada Senin (14/10), ujar Nurdiansyah, maka bisa dipastikan BEM SI tak terlibat di dalamnya.

"Itu tidak benar (ada demo). Informasi hoaks ini," kata Presiden Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) itu, Minggu (13/10) malam. "Tidak ada, besok tidak ada agenda aksi dari BEM SI."

Sebelumnya, melalui pesan berantai, diinformasikan akan adanya aksi unjuk rasa di Kompleks Parlemen pada hari ini. Dalam pesan itu disebut ada sekitar dua ribu mahasiswa yang akan terjun dan menyuarakan aspirasi mereka.

Adapun agenda yang diusung dalam aksi tersebut terkait dengan penerbitan Perppu KPK. Selain itu, mahasiswa juga akan menyuarakan penolakan terhadap Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) serta meminta pemerintah untuk bersikap tegas dalam menangani permasalahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait