7 Tempat Wisata di Bandung Ini Bermuatan Edukasi, Cocok Dikunjungi Bersama Buah Hati
Travel

Menghabiskan waktu bersama buah hati adalah salah satu momen berharga dalam hidup. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mengunjungi wisata edukasi di Bandung bersama buah hati seperti berikut ini.

WowKeren - Salah satu momen berharga dalam hidup adalah menghabiskan waktu bersama buah hati maupun keluarga. Di antara tempat yang paling tepat untuk menghabiskan waktu bersama buah hati adalah tempat wisata yang bermuatan edukasi.

Pasalnya di tempat-tempat tersebut, kita tidak sekedar berwisata, tapi juga bisa mempelajari berbagai macam ilmu pengetahuan yang tentunya sangat bermanfaat bagi si kecil. Sebab ilmu pengetahuan dapat membuka cakrawala berpikir anak-anak. Sehingga anak-anak tidak hanya bisa bermain, tapi juga belajar dan menambah ilmunya.


Di antara banyaknya daerah di Indonesia, Bandung jadi salah satu wilayah yang menyediakan banyak wisata edukasi, baik untuk anak, remaja maupun dewasa. Berbagai tempat wisata itu juga dikemas dengan sangat menarik. Sehingga orangtua dan anak bisa menghabiskan waktu yang menyenangkan dan berkesan.

Nah mau tahu tempat wisata apa saja di Bandung yang bermuatan edukasi? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Ajak Anak Berwisata di Gedung Sate Bandung, Biar Bisa Bermain dan Belajar dengan Menyenangkan


Ajak Anak Berwisata di Gedung Sate Bandung, Biar Bisa Bermain dan Belajar dengan Menyenangkan

Gedung Sate adalah salah satu bangunan bersejarah yang terletak di pusat kota Bandung. Dinamakan Gedung Sate karena gedung ini memiliki ciri khas yang unik, yaitu adanya ornamen 6 tusuk sate yang ada di atas menara sentral. Enam tusuk sate ini melambangkan 6 juta gulden yang dipakai untuk membangun gedung ini pada masa kolonial.

Gedung Sate sendiri telah dikenal sebagai salah satu tujuan wisata favorit di Bandung, sehingga saat berkunjung ke kota ini jangan lupa mampir ya. Gedung Sate sendiri menawarkan banyak benda-benda bersejarah peninggalan pemerintahan kota Bandung dan Belanda. Di dalamnya juga terdapat seperangkat gamelan khas Sunda yang hanya dimainkan di acara-acara tertentu.

Karena perannya sebagai bangunan bersejarah, Gedung Sate memiliki banyak hal untuk dipelajari. Jika ingin memasuki gedung ini, kamu harus memiliki izin yang tidak sulit diurus jika mengikuti prosedur dengan benar. Namun jika ingin berada di sekitar bangunannya saja, kamu tidak memerlukan izin khusus.

2. Bermain dan Belajar Jadi Menyenangkan dengan Mengunjungi Bandung Champion City


Bermain dan Belajar Jadi Menyenangkan dengan Mengunjungi Bandung Champion City

Bandung Champion City atau yang kerap disebut BCC saat ini jadi salah satu wisata hit di kota kembang Bandung. Pasalnya tempat wisata yang menyediakan berbagai wahana permainan menarik ini diusung dengan konsep edukasi. Sehingga sangat cocok untuk dikunjungi bersama buah hati.

BCC merupakan kota metropolitan mini yang dirancang sistematis menyerupai tatanan kota yang sebenarnya. BCC bahkan menggunakan kurikulum yang sudah terintegrasi dengan pendidikan nasional, yaitu belajar di luar kelas. Di sana bahkan tersedia sekitar 78 wahana dan 177 profesi yang dilengkapi dengan kamera CCTV, sehingga anak yang sedang belajar bisa terpantau dengan baik dan aman.

Di tempat ini, anak-anak bisa melatih kreatifitas dan juga ketangkasan. Di sisi lain, orangtua bisa mendampingi anak-anak dalam mengeksplorasi kemampuannya agar bisa memerankan profesi masa depan mana yang diinginkannya. Seru banget kan?

3. Kampung Kreatif Dago Pojok, Wisata Edukasi di Bandung yang Dikenal Turis Mancanegara


Kampung Kreatif Dago Pojok, Wisata Edukasi di Bandung yang Dikenal Turis Mancanegara

Kampung Kreatif Dago Pojok adalah salah satu wisata edukasi di Bandung yang telah dikenal luas oleh turis mancanegara. Setiap hari Minggu, Kampung Kreatif Dago Pojok menawarkan program kegiatan belajar reguler dari setiap sanggar yang ada di sana. Mulai dari workshop, pertunjukan wayang dan seni untuk anak-anak.

Bahkan kunjungan wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri mengalami peningkatan yang signifikan dalam dua tahun terakhir. Wisatawan dalam negeri biasanya datang jauh-jauh dari Sumatera, Jakarta hingga Jawa Timur. Untuk wisatawan asing biasanya kebanyakan dari Inggris, Belanda, Jerman, Australia, Rusia hingga Kanada. Mereka biasanya berasal dari jajaran pemerintahan, peserta study tour hingga sekelompok keluarga.

4. Bandung Science Center, Wisata Edukasi di Bandung yang Super Menyenangkan


Bandung Science Center, Wisata Edukasi di Bandung yang Super Menyenangkan

Bandung Science Center adalah salah satu wisata edukasi yang berdiri di Bandung pada tahun 2014 lalu. Sejak awal didirikan, Bandung Science Center mengusung visi yang sangat mulia, yaitu untuk meningkatkan pendapatan dan kemakmuran kepada masyarakat dengan cara memberikan kesempatan pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang luas dan terjangkau.

Di Bandung Science Center, anak-anak bisa mempelajari ilmu pengetahuan alam dengan cara berbeda dan lebih menyenangkan. Sebab di tempat ini pengunjung boleh merasakan langsung pengalaman dengan mencoba sendiri semua alat peraga yang ada di dalam maupun di luar gedung.

Selain itu, pengunjung juga diizinkan untuk melihat dan menganalisa banyak eksperimen ilmu dasar, mendengar suara dan merasakan aroma bau dan rasa dari uji coba kimia dan fisika. Yang lebih menarik, di tempat ini pengunjung juga bisa mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana melakukan observasi fenomena-fenomena alam yang sudah dan akan terjadi. Dan di atas semua itu, tempat ini juga menggabungkan konsep ramah lingkungan dengan mengedepankan nilai budaya dan sejarah bangsa Indonesia.

5. Indo Wisata Permata Bandung, Wisata Edukasi Berlian Pertama di Asia


Indo Wisata Permata Bandung, Wisata Edukasi Berlian Pertama di Asia

Di antara wisata edukasi berbeda dan unik di Bandung adalah Indo Wisata Permata. Tempat ini bahkan diklaim sebagai wisata edukasi berlian yang pertama di Asia. Di tempat yang didirikan pada tahun 2016 ini pengunjung akan diajak untuk melihat langsung proses pembuatan batu mulia menjadi berlian yang bernilai tinggi yang cantik dan megah.

Menariknya lagi, di tempat ini pengunjung akan diajak untuk menikmati sebuah film dokumenter pendek. Film ini menceritakan tentang perkembangan berlian di Indonesia sejak awal hingga saat ini. Selain itu, juga akan ditampilkan berbagai fakta menarik tentang berlian. Karena itu, Indo Wisata Permata jadi salah satu destinasi favorit masyarakat, karena ada banyak yang penasaran dengan bagaimana terjadinya berlian.

6. Ajak Anak Melakukan Permainan Edukatif dan Pantau Perkembangannya di Hooray PvJ


Ajak Anak Melakukan Permainan Edukatif dan Pantau Perkembangannya di Hooray PvJ

Hooray Paris van Java atau Hooray PvJ adalah salah satu tempat wisata edukasi yang ada di Bandung. Tempat ini sarat akan permainan edukatif dan tepat dikunjungi jika orangtua ingin memantau perkembangan anaknya. Sebab arena bermain di tempat ini bisa menyokong perkembangan anak, mulai dari aspek fisik, jiwa, kognitif, emosi hingga sosial. Selain itu, berbagai permainan di tempat ini juga berguna untuk mengasah sensorik motorik anak.

Menariknya, Hooray PvJ juga menyediakan klub parenting untuk orangtua dan anak yang berusia 6 bulan hingga 8 tahun. Ada banyak sekali aktivitas yang melibatkan kebersamaan orangtua dan anak. Dengan demikian, bermain dan belajar akan jadi sangat menyenangkan.

7. Puspa Iptek Sundial Bandung, Science Center Terbesar di Jawa Barat


Puspa Iptek Sundial Bandung, Science Center Terbesar di Jawa Barat

Wisata edukasi berikutnya yang ada di Bandung adalah Puspa Iptek Sundial. Tempat ini merupakan science center terbesar di Jawa Barat yang menyuguhkan alat peraga science, khususnya untuk ilmu Taksonomi, Biologi, Fisika dan Geografi. Total ada lebih dari 180 alat peraga yang bisa dicoba dan digunakan langsung oleh pengunjung.

Salah satu keunikan dari Puspa Iptek Sundial adalah bentuk arsitektur gedungnya yang membentuk jam matahari. Selain itu, pada bagian gerbang utama terdapat replika bumi berukuran 2 meter dengan bobot hampir 12 ton. Replika bumi ini dikelilingi oleh 12 tiang yang melambangkan 12 bulan dalam sistem kalender. Dan di setiap tiang terdapat ragam hias kalender tradisional dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara. Desain ini sendiri menggambarkan refleksi konfigurasi antara matahari, bumi dan bulan.

Demikian 7 tempat wisata bermuatan edukasi di Bandung yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips berlibur bareng anak agar liburanmu berlangsung seru dan menyenangkan. Selain itu, para orangtua sebaiknya download 7 aplikasi parenting ini jika ingin mengawasi tumbuh kembang anak.

You can share this post!

Related Posts
Loading...