Jokowi Sudah Rampung Susun Kabinet Namun Tetap Terbuka Pada Perubahan Nama
Instagram/jokowi
Nasional

Sekjen PPP, Arsul Sani, menyebut bahwa Jokowi masih terbuka pada perubahan kabinet Menteri. Namun, ia mengaku tidak tahu secara pasti kapan Jokowi akan mengumumkan susunan kabinet tersebut.

WowKeren - Presiden Joko Widodo rupanya telah merampungkan susunan kabinet Menteri periode 2019-2024. Meski demikian, perubahan susunan kabinet periode keduanya ini masih mungkin terjadi.

Hal tersebut diungkapan oleh Sekjen PPP, Arsul Sani. "Soal kabinet kan sekali lagi merupakan hak prerogatif Presiden terpilih, jadi parpol hanya sebatas memberikan masukan dan ketika diminta mengajukan orang, maka ya diajukan," ujar Arsul pada Senin (14/10).

Arsul menyebut bahwa Jokowi masih terbuka pada perubahan kabinet Menteri yang telah disusunnya. Selain itu, Wapres terpilih Ma'ruf Amin juga mengaku bahwa saat ini susunan kabinet masih disempurnakan.

"Penjelasan Pak Jokowi saya kira sudah clear bahwa beliau telah merampungkan susunan kabinetnya, namun ya tetap terbuka ada perubahan," ungkap Arsul. "Yang disampaikan Pak KMA (KH Ma'ruf Amin) saya kira harus dipahami dalam konteks ini."


Arsul sendiri mengaku tidak tahu secara pasti kapan Jokowi akan mengumumkan susunan kabinet periode keduanya. Ia menyebut bahwa hanya Jokowi yang mengetahui jadwal pengumuman secara pasti,

"Soal pengumumannya juga Presiden hanya menyampaikan dalam waktu 1-2 hari setelah pelantikan," jelas Arsul. "Tepatnya kapan tentu Pak Jokowi yang tahu pastinya."

Sebelumnya, Jokowi telah memastikan bahwa nantinya ia akan mengangkat warga Papua untuk kembali duduk di kabinetnya di periode 2019-2024. Akan tetapi, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut belum bisa memastikan berapa masyarakat asal Papua yang masuk di dalam kabinet barunya itu.

"Saya pastikan ada orang papua yang masuk kabinet," ujar Jokowi sesaat setelah menerima perwakilan siswa SD Kabupaten Jayapura dan Asmat Provinsi Papua di Istana Merdeka pada Jumat (11/10) ini. "Berapa orang, nanti kita lihat."

Diketahui, Menteri Jokowi asal Papua pada masa pemerintahan 2014-2019 adalah Yohana Susana Yembise. Wanita kelahiran Manokwari, Provinsi Papua Barat ini dipercaya Jokowi untuk menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait