Sandiaga Disebut Cocok Gantikan Rini Soemarno Jadi Menteri BUMN, Begini Kata Pakar
Nasional

Pakar ekonomi Fithra Faisal Hastiadi menilai Sandiaga Uno cocok menjadi Menteri BUMN sebab mantan Wagub DKI tersebut cukup diterima di pasar dan memiliki kompromi politik yang bagus.

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah menyelesaikan susunan kabinet baru untuk mengisi kursi kementerian di periode kedua pemerintahannya. Susunan ini belum akan diumumkan sekarang namun nanti setelah agenda pelantikan pada Minggu (20/10) mendatang.

"Mungkin bisa hari yang sama dengan pelantikan," kata Jokowi seperti dilansir dari video yang diunggah di kanal Youtube resmi miliki Sekretariat Presiden, Minggu (11/10). "Mungkin bisa sehari setelah pelantikan. Semua Insyallah disiapkan."

Tak pelak, desas-desus pun mulai muncul terkait sosok-sosok yang akan mengisi kabinet Jokowi-Ma'ruf. Salah satunya adalah Sandiaga Uno.

Pakar ekonomi Fithra Faisal Hastiadi menyebut bahwa Sandiaga berpotensi menggantikan Rini Soemarno untuk menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). "Bisa saja Sandiaga Uno yang masuk kabinet," kata Faisal dilansir dari CNBC Indonesia, Senin (14/10).


Menurutnya, Sandiaga sangat cocok untuk mengisi kursi menteri tersebut. Bukan tanpa alasan, ia menilai bahwa Sandiaga adalah sosok yang cukup diterima di pasar. Tak hanya itu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu dianggap memiliki kemampuan kompromi politik yang cukup kuat.

"Nah Sandiaga ini mampu mengisi kursi Menteri BUMN karena cukup diterima pasar dan kompromi politiknya cukup kuat," jelas Faisal. "Sandiaga pun sesuai background-nya. Ia pengusaha juga investor."

Seperti diketahui, baru-baru ini tak sedikit jajaran direksi BUMN yang tersandung kasus korupsi. Masalah itu dianggap sebagai salah satu beban BUMN yang cukup berat. "BUMN saat ini memiliki beban yang cukup berat. Debt to Equity Ratio (DER) cukup tinggi. Selain itu banyak juga yang tersangkut kasus di KPK," ujar Faisal.

Banyaknya petinggi BUMN yang terjerat kasus di KPK membuat posisi Menteri BUMN kian sulit. Bahkan Rini sendiri pernah ditegur langsung oleh Jokowi terkait kinerjanya.

"Hati-hati di migas pak menteri ESDM yang berkaitan dengan ini, bu menteri BUMN yang berkaitan dengan ini," kata Jokowi beberapa waktu lalu. "Karena rate-nya yang paling banyak ada di situ."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru