Diresmikan, Menko Perekonomian Yakin Palapa Ring Akan Untungkan Industri Logistik
Nasional

Satelit Palapa Ring telah diresmikan oleh Presiden Jokowi, Senin (14/10). Dengan diresmikannya Palapa Ring, Menko Perekonomian Darmin Nasution meyakini akan menguntungkan industri logistik.

WowKeren - Satelit Palapa Ring telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Senin (14/10). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meyakini operasional Proyek Palapa Ring Paket Timur Indonesia akan mendongkrak industri logistik dan pariwisata.

Pasalnya, keberadaan proyek tersebut bisa membuat pertukaran data dan informasi yang selama ini menjadi tumpuan industri tersebut bisa menjadi kian cepat. Darmin menjelaskan kedua industri ini menjadi yang paling diuntungkan oleh pembangunan Palapa Ring Paket Timur.

Karena selama ini, pengiriman barang dan biaya perjalanan ke bagian Indonesia timur yang mahal kerap menjadi masalah bagi industri. Biaya yang tinggi tersebut terjadi karena akses internet untuk menopang kebutuhan informasi dan data bagi sektor tersebut cukup lambat.

"Dampaknya bukan hanya pariwisata, tapi juga logistik, karena pakai IT dia," ucap Darmin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/10). Sayangnya, Darmin belum memberi proyeksi seberapa besar dampak kehadiran Palapa Ring Paket Timur ke laju pertumbuhan kedua sektor tersebut.


Namun, sebagai gambaran pertumbuhan sektor industri logistik nasional sejatinya sudah cukup cemerlang dibandingkan sejumlah sektor industri lain. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan industri logistik yang tergambar di indikator usaha transportasi dan pergudangan tumbuh 0,24 persen secara tahunan pada kuartal II 2019.

Pertumbuhan tersebut hanya kalah dari usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan yang mencapai 0,71 persen, pengolahan 0,74 persen, perdagangan besar dan eceran 0,61 persen, konstruksi 0,55 persen, serta informasi dan komunikasi 0,49 persen. Sementara bila dibandingkan kuartal I 2019, pertumbuhannya mencapai 3,66 persen di mana pertumbuhan tersebut masuk 5 besar secara nasional.

Pertumbuhannya hanya kalah dari industri pertanian, kehutanan, dan perikanan 13,8 persen, jasa lainnya 4 persen, jasa pendidikan 39 persen, dan administrasi pemerintahan 3,76 persen. Sementara sektor industri pariwisata berada di tingkat rata-rata nasional yang tercermin dari pertumbuhan industri penyediaan akomodasi dan makan minum. Usaha tersebut tumbuh 0,17 persen secara tahunan pada kuartal II 2019 dan tumbuh 1,55 persen bila dibandingkan kuartal I 2019.

Sebelumnya telah diberitakan bahwa Presiden Jokowi telah meresmikan pengoperasian Proyek Palapa Ring Paket Timur awal pekan ini. "Saya resmikan pengoperasian Palapa Ring yang menghubungkan seluruh ibu kota di 514 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia," kata Jokowi.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru