Polantas Dilengkapi Body Camera Hingga Petugas Tak Bisa 'Nakal' Lagi
Nasional

Tak hanya untuk mengawasi anggota di lapangan, body camera yang dipasang oleh Ditlantas Polda Metro Jaya tersebut juga berfungsi untuk menindak pelanggar lalu lintas lewat alat berbasis teknologi.

WowKeren - Usaha penertiban lalu lintas terus dilakukan oleh pemerintah. Usai menerapkan penggunaan CCTV untuk memantau pelanggaran, kini inovasi menggunakan teknologi terbaru kembali dilakukan.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya kini melengkapi anggotanya dengan sebuah kamera dalam menjalankan tugasnya di lapangan. Kamera berteknologi tinggi tersebut disebut juga dengan body camera.

Menurut Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Muhammad Nasir, body camera itu dapat dipasang di saku baju anggota. Pemasangan body camera ini bertujuan untuk mengawasi anggota kala bertugas. Tak hanya untuk mengawasi anggota di lapangan, body camera tersebut juga berfungsi untuk menindak pelanggar lalu lintas lewat alat berbasis teknologi.

"Untuk melihat kegiatan dan tindakan anggota di lapangan dalam pengawasan," ungkap Nasir dilansir CNN Indonesia pada Selasa (15/10). "Body camera juga untuk menindak pelanggar lantas secara elektronik. Alat itu dapat diarahkan ke sasaran dari back office (ruang kontrol Ditlantas Polda Metro Jaya)."


Selain itu, anggota di lapangan juga bisa meminta tambahan personel melalui body camera tersebut. "Body camera juga dapat untuk meminta bantuan personel dalam tugas yang memerlukan penambahan personel," tutur Nasir.

Sementara itu, body camera sendiri rupanya mampu merekam video dan suara secara streaming selama 8 jam. Nasir menjelaskan bahwa alat tersebut dikendalikan secara langsung dari ruang kontrol Ditlantas Polda Metro Jaya.

Diketahui, body camera tersebut berbentuk kotak serta dilengkapi oleh sejumlah fitur. Di antaranya adalah perekaman video dengan resolusi high definition (HD), baterai dengan ketahanan 8-12 jam, wi-fi, sim card 4G, serta IP67 atau anti air.

Saat ini, tutur Nasir, Ditlantas Polda Metro Jaya telah memiliki 16 unit body camera yang digunakan oleh para anggota di lapangan. "16 unit yang sudah siap," pungkas Nasir.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait