Temui Jokowi, Ketua Paguyuban di Papua Minta Pemerintah Wujudkan Suasana Aman Dan Tentram
Nasional

14 Ketua Paguyuban di Papua menemui Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (15/10). Dalam pertemuan tersebut Ketua Paguyuban tersebut meminta agar pemerintah menyelesaikan kasus di Papua hingga tak ada lagi kerusuhan ke depannya.

WowKeren - Para ketua paguyuban di Papua bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (15/10). Dalam pertemuan tersebut mereka meminta agar pemerintah dapat mewujudkan suasana yang aman dan tentram untuk Papua dan Papua Barat.

"Sebagai masyarakat, kita mendukung semua pihak, termasuk pemerintah-pemerintah daerah, untuk membuat suasana yang tentram, aman, kondusif dalam menjalankan kehidupan aktivitas sosial, kemasyarakatan di Papua," kata Ketua Paguyuban Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Mansur usai bertemu dengan Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (15/10).

Mansur juga menjelaskan bahwa pihaknya telah meminta Jokowi agar segera menyelesaikan permasalahan yang ada di Papua dan Papua Barat. Hal ini karena pihaknya enggan ada lagi kerusuhan seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Kita meminta kepada Bapak Presiden Bapak Joko Widodo bahwa ke depan tidak ada lagi kerusuhan seperti ini di Papua. Soal menyampaikan aksi unjuk rasa itu hak dan kewajiban rakyat dan dijamin dengan UU," paparnya. "Tapi kita mencoba, korban seperti kemarin yang terjadi di Wamena dan Jayapura untuk tidak ada lagi korban harta dan jiwa di Papua seluruhnya. Papua dan Papua Barat."


Mansur juga menambahkan jika pihaknya mendukung pemerintah dalam menuntaskan masalah-masalah pelanggaran di semua bidang secara hukum. Ia juga menegaskan bahwa Papua adalah bagian dari NKRI. "Pembangunan di Papua jalan terus, dan kita melihat Papua sebagai satu kesatuan bagian integral dari NKRI," ujarnya.

Lebih lanjut, Mansur mengatakan bahwa seluruh paguyuban di Papua berharap agar Tanah Papua kembali damai. Ia juga mengimbau seluruh masyarakat Papua agar bersama-sama menciptakan suasana persaudaraan.

"Karena itu, kita sebagai rakyat, baik Papua maupun non-Papua, untuk kembali bersaudara menciptakan suasana persaudaraan yang hakiki kekeluargaan untuk bersama-sama untuk mendukung kehidupan masyarakat yang aman tertib dan damai," jelasnya. "Papua harus damai. Papua untuk semua, semua untuk Papua."

Diketahui ada 14 ketua paguyuban yang bertemu dengan Jokowi hari ini. Semuanya merupakan paguyuban yang berdomisili di Papua. "Paguyuban Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan, Paguyuban Jawa Madura, Paguyuban Kawanua, Paguyuban Sriwijaya, Paguyuban Minang Saiyo, Paguyuban Kerukunan Maluku Utara, ada Jawa Barat, ada teman-teman Papua," pungkas Mansur.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait