Konser BTS Di Arab Saudi Dilaporkan Bawa Pengaruh Besar Hingga Bisa Ubah Hukum
Musik

Tur konser BTS di Arab Saudi ini ternyata memiliki pengaruh yang lebih besar dari yang orang pikirkan. Konser BTS ini juga memiliki begitu banyak pengaruh global sehingga mereka menyebabkan undang-undang di Arab Saudi ikut berubah.

WowKeren - Bangtan Boys atau yang kerap disapa BTS pada 11 Oktober lalu akhirnya menyapa penggemarnya di Arab Saudi dalam tur konser dunia "Speak Yourself". Konser tersebut digelar di digelar di King Fahd International Stadium, Riyadh, Saudi Arabia dan menjadi pertunjukan musik K-Pop pertama yang diadakan di stadion tersebut.

Namun selain itu, terungkap fakta lain yang menyatakan bahwa tur konser BTS di Arab Saudi ini ternyata memiliki pengaruh yang lebih besar dari yang orang pikirkan. Tak hanya itu, konser BTS ini juga memiliki begitu banyak pengaruh global sehingga mereka menyebabkan undang-undang di Arab Saudi ikut berubah.

Pada kemarin, Selasa (15/10), salah satu acara TV SBS berjudul "One Night of TV Entertainment" melaporkan lebih lanjut tentang masalah ini. BTS yang tampil di Arab Saudi untuk pertama kali disambut hangat dengan lautan lampu ungu untuk merayakan kedatangan mereka.

Konser BTS Di Arab Saudi Dilaporkan Bawa Pengaruh Besar Hingga Bisa Ubah Hukum

Allkpop


Lebih lanjut, untuk mengakomodasi BTS terkait konser mereka, undang-undang di Arab Saudi bahkan diubah hanya untuk malam itu. Biasanya seseorang pasangan tak diperbolehkan tinggal di hotel tanpa bukti resmi bahwa mereka adalah pasangan yang sah. Namun, hukum berubah sehingga 4 hari sebelum konser, pria dan wanita asing dapat tinggal di hotel bersama tanpa persyaratan.

Selain itu, wanita Arab Saudi juga pada saat periode konser diizinkan untuk bepergian tanpa pengawal pria. Arab Saudi sendiri masih menegakkan pemisahan gender berdasarkan interpretasi ketat terhadap hukum Islam.

Baru dalam dua tahun terakhir perempuan diberi hak untuk mengemudi dan memasuki stadion untuk menonton pertandingan olahraga dan konser. Tempat konser BTS yakni Stadion Internasional King Fahd juga menandakan sejarah di mana perempuan dapat masuk untuk pertama kalinya ke stadion sejak aturan tersebut dibuat pada September 2017.

Sementara itu, rangkaian konser "Love Yourself: Speak Yourself" akan ditutup dengan gelaran di Seoul Olympic Stadium, Seoul, Korea Selatan. Konser tersebut akan digelar pada 26,27 dan 19 Oktober mendatang.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru