Ada Danau Buatannya Dan Bisa Dibuat Piknik, Inilah 8 Wisata Taman Di Jakarta Yang Asri Banget
Travel

Sebagai Ibu kota, Jakarta merupakan daerah yang padat penduduk lengkap dengan segala aktivitas yang membuat kemacetan. Namun di balik kepenatan kota tersebut, Jakarta ternyata juga menyimpan ruang-ruang hijau di beberapa sudut kota loh.

WowKeren - DKI Jakarta memang kini dikenal sebagai ibu kota negara Indonesia. Sebagai Ibu kota, Jakarta merupakan daerah yang padat penduduk lengkap dengan segala aktivitas yang membuat kemacetan jalan serta jauh dari suasana udara segar. Sehingga warganya kesulitan untuk mencari tempat wisata di ruang terbuka.

Dikelilingi gedung tingkat, daerah Jakarta memang banyak memiliki mall dan pusat perbelanjaan. Tak heran jika tempat tersebut ramai dikunjungi untuk sekedar berwisata. Namun di balik kepenatan kota tersebut, Jakarta ternyata juga menyimpan ruang-ruang hijau di beberapa sudut kota loh.


Taman-taman tersebut hadir untuk memenuhi kebutuhan warga Jakarta akan ketersediaan ruang terbuka hijau. Dari sekian banyak taman yang dimiliki setidaknya ada 8 yang paling keren dan layak untuk dijadikan tujuan bersantai di akhir pekan yang sudah tim WowKeren rangkum. Penasaran? Yuk disimak!

1. Nikmati Suasana Sejuk dan Hijau Di Taman Suropati


Nikmati Suasana Sejuk dan Hijau Di Taman Suropati

Saat akhir pekan, kalian bisa mencoba mampir di Taman Suropati yang terletak di Jl. Pangeran Diponegoro, Menteng Jakarta, atau tepatnya di dekat masjid Sunda Kelapa. Lokasinya dapat dijumpai dengan adanya air mancur di dekat patung berkuda Diponegoro. Di taman ini, kalian bisa menikmati suasana sejuk dengan pohon tinggi menjulang.

Di Taman Suropati ini juga didukung fasilitas wifi di beberapa titik. Selain itu di taman ini lebih identik berupa pepohonan yang rimbun tinggi, sebagai tempat hinggapnya burung-burung. Oleh karena itu, di taman ini dapat kalian jumpai rumah-rumah pohon sebagai tempat tinggal burung merpati yang menjadi daya tarik di taman ini.

2. Taman Kalijodo Yang Punya Skatepark Terbesar Di Asia Tenggara


Taman Kalijodo Yang Punya Skatepark Terbesar Di Asia Tenggara

Taman Kalijodo terbuka untuk masyarakat Jakarta yang berlokasi di sekitar Jalan Kepanduan II, Kelurahan Pejagalan Kecamatan Penjaringan, di sepanjang bantaran timur Banjir Kanal Jakarta. Taman ini bukan hanya sekedar taman biasa mengingat banyak sekali fasilitas tersedia ditaman ini.

Salah satunya yang paling terkenal adalah area skatepark yang merupakan terbesar di Asia Tenggara. Selain menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH), Taman Kalijodo ini juga menjadi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Tak heran bila setiap hari di taman ini dipenuhi warga setempat dan pengunjung dari berbagai daerah baik Jakarta dan sekitarnya yang penasaran ingin melihat langsung keindahan Taman Kalijodo.

3. Taman Menteng Yang Punya Fasilitas Olahraga Super Lengkap


Taman Menteng Yang Punya Fasilitas Olahraga Super Lengkap

Tak jauh dari Taman Suropati kalian bakal menemukan taman lain yang fasilitasnya enggak kalah lengkap. Taman tersebut adalah Taman Menteng yang berlokasi di antara Jalan Moh.Yamin dan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat. Bukan hanya menjadi taman terbuka hijau yang menyuplai udara segar bagi kawasan sekitarnya namun Taman Menteng kini telah menjadi salah satu landmark Jakarta.

Fasilitas yang ada di taman ini pun terbilang cukup lengkap, ada lapangan futsal, basket, taman bermain anak dan tak ketinggalan area parkir. Di taman ini kalian bisa jogging, ngobrol-ngobrol cantik, olahraga, ngopi-ngopi ganteng, atau sekedar ingin duduk sambil foto-foto selfie. Yang jelas tempat ini asik sekali untuk dikunjungi. Karena suasana taman yang sejuk, diantara pepohonan yang rimbun dan hijau yang tertata rapi taman ini sering dijadikan lokasi berkumpulnya beberapa komunitas loh.

4. Lelah Dengan Suasana Kota, Mampir Saja Ke Taman Cattleya


Lelah Dengan Suasana Kota, Mampir Saja Ke Taman Cattleya

Taman Cattleya ini bisa kalian temukan di Jalan S. parman, Tomang, Jakarta Barat. Tak hanya menyajikan suasana yang sejuk dan tentra, taman yang satu ini juga memiliki danau buatan yang mempercantik suasana sekitar. Pada masyarakat lokal, Taman Cattleya ini juga dikenal juga sebagai Taman Tomang. Di dalamnya terdapat fasilitas danau, trek jogging, taman bunga dan arena bermain anak.

Taman seluas 3 hektar ini hadir memang pas untuk mengakomodir kebutuhan warga Jakarta yang merindukan tempat nyaman dan tenang. Berbeda dengan taman lain, Taman Cattleya lebih sepi aman dari pedagang asongan, pengemis dan pengamen. Tak jarang taman ini dijadikan lokasi pemotretan model-model ibukota.

5. Taman Tabebuya Yang Cocok Banget Dijadikan Tempat Piknik Keluarga


Taman Tabebuya Yang Cocok Banget Dijadikan Tempat Piknik Keluarga

Taman Tabebuya adalah salah satu taman di Jakarta yang cocok dijadikan untuk berlibur bersama keluarga. Sama seperti Taman Cattleya, taman cantik yang ada di Selatan Jakarta ini sangat unik karena dilengkapi Kolam yang berisi bunga teratai. Selain tanaman teratai juga banyak ditanami bunga dan pohon-pohon disekitar taman sehingga sangat asri dan teduh untuk bersantai.

Taman Tabebuya terletak di Jalan Moh Kahfi I, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, letaknya dekat dengan pertigaan Jagakarsa, di turunan yang merupakan lembah. Taman yang dihiasi dengan beberapa gaezebo atau saung untuk bersantai ini kini menjadi salah satu taman yang paling ramai dikunjungi oleh masyarakat Jakarta khsusnya warga Jagakarsa.

6. Taman Situ Lembang Yang Dikelilingi Danau Buatan Indah


Taman Situ Lembang Yang Dikelilingi Danau Buatan Indah

Taman Situ Lembang yang beralamat di Jalan Lembang, Menteng, Jakarta Pusat berada tak jauh dari Taman Suropati dan Taman Menteng. Tidak perlu menggunakan kendaraan kalau mau ke taman ini jika kalian sebelumnya sudah berada di Taman Suropati atau pun Taman Menteng, cukup berjalan kaki beberapa puluh meter kalian sudah tiba di Taman Situ Lembang.

Sesuai dengan namanya, taman ini berada di sekeliling danau buatan atau yang disebut dengan situ. Taman ini sudah populer sejak dulu bahkan pernah menjadi lokasi syuting langganan dari film Warkop DKI. Danau buatan yang terletak di tengah taman selain mempercantik tatanan juga menjadi spot memancing warga DKI. Pohon-pohon rindang yang tumbuh di sekeliling danau pun menjadi tempat yang nyaman untuk berteduh sekaligus menggelar piknik bareng keluarga.

7. Taman Ayodya Yang Jadi Tempat Wisata Favorit Warga Ibukota


Taman Ayodya Yang Jadi Tempat Wisata Favorit Warga Ibukota

Taman berikutnya yang memiliki penataan keren adalah Taman Ayodya di Jalan Mahakam II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Taman ini hanya berjarak 500 meter dari Terminal Blok M ini menjadi tujuan piknik favorit warga Jakarta di akhir pekan. Kelebihan yang dimiliki taman Ayodya adalah dekorasinya yang dibuat menyerupai panggung teater terbuka lengkap dengan gazebo untuk beristirahat.

Taman kota yang punya nama lain Taman Barito ini sebenarnya cukup nyaman untuk bersantai dengan segala hal yang dimilikinya. Hanya saja kehadiran pengemis, pengamen, dan pedagang asongan yang sering berkeliaran di area taman sedikit mengganggu kenyamanan pengunjung yang datang untuk bersantai. Kehadiran mereka memang wajar mengingat Taman Ayodya adalah salah satu taman favorit yang paling banyak dikunjungi warga Jakarta.

8. Taman Honda Yang Merupakan Langganan Event Dan Acara Komunitas Warga Jakarta


Taman Honda Yang Merupakan Langganan Event Dan Acara Komunitas Warga Jakarta

Taman Honda adalah sebuah taman yang cukup luas dan besar yang terletak di Jl. Tebet Timur Raya No.10, RT.1/RW.4, Tebet Tim., Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820. Taman ini terletak diantara perumahan warga dan jalan raya sehingga taman ini sering dijadikan sebagai lokasi berbagai event terutama para komunitas atau acara lainya.

Taman Honda Tebet juga sering dijadikan warga setempat sebagai lokasi berolahraga karena selain sejuk udara di sekitarnya juga taman ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas umum seperti sport center, toilet dan joging track. Bahkan di taman ini kita bisa melihat banyak sekali kegiatan dan aktivitas berbagai komunitas baik sekedar berkumpul ataupun menujukan berbagai atraksi sesuai komunitasnya.

Intip juga yuk rekomendasi wisata anti mainstream di Bandung di sini. Intip juga beberapa tempat wisata angker di Indonesia di sini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...