Justin Bieber Kena Tuntut Gara-Gara Posting Fotonya Sendiri di Instagram
Bauer-Griffin
Selebriti

Seorang fotografer bernama Robert Barbera menyatakan bahwa Justin Bieber telah melakukan tindak pelanggaran hak cipta lantaran mengunggah foto jepretannya tanpa izin.

WowKeren - Menjadi seorang selebriti papan atas tentunya membuat segala tingkah laku Justin Bieber tak lepas dari incaran dan jepretan kamera paparazzi. Namun sayangnya, belum lama ini pelantun "Sorry" tersebut justru mengalami kejadian kurang menyenangkan akibat tingkah seorang paparazzi yang mengabadikan potretnya.

Belum lama ini, salah satu paparazzi mendadak mengajukan gugatan lantaran suami Hailey Baldwin tersebut mengunggah foto hasil jepretannya di akun Instagram tanpa menyertakan kredit. Padahal, pelantun "Love Yourself" tersebut mengunggah foto dirinya sendiri.


Dilansir E!News pada Kamis (17/10), seorang fotografer bernama Robert Barbera baru saja mengajukan gugatan pada Justin. Dalam dokumen pengadilan, Barbera menyatakan bahwa musisi asal Kanada tersebut telah melakukan tindak pelanggaran hak cipta lantaran mengunggah foto tanpa izin.

"Barbera adalah penulis Photograph dan selalu menjadi pemilik tunggal dari semua hak, kepemilikan, dan kepentingan dalam Photograph, termasuk hak cipta di dalamnya," bunyi dokumen tuntutan tersebut.

Menurut dokumen pengadilan, Justin tidak melisensikan foto dari Robert Barbera untuk diunggah di Instagramnya, serta tidak memiliki izin atau persetujuan dari sang fotografer untuk memposting foto tersebut.

Foto yang dimaksud rupanya merupakan potret yang diunggah oleh Justin Bieber ke akun Instagram miliknya pada 13 Maret lalu. Dalam foto ini, musisi berusia 25 tahun ini tampak berada di dalam mobil bersama salah satu temannya, Rich Wilkerson. "Aku dan temanku," tulis Justin melengkapi unggahannya ini.

Photo-INFO

Instagram/ Justin Bieber

Hingga kini belum ada keterangan lebih lanjut dari pihak Justin Bieber atas tuntutan ini. Namun yang pasti, ini bukanlah kali pertama seorang selebriti mendapatkan tuntutan serupa.

Sejumlah nama-nama besar lain yang juga pernah berurusan dengan paparazzi di antaranya adalah Gigi Hadid, Ariana Grande, hingga Khloe Kardashian. Bahkan pekan lalu, Jennifer Lopez juga dituntut ganti rugi sebesar USD 150 ribu atau setara dengan Rp2,1 miliar karena mem-posting fotonya bersama Alex Rodriguez di Instagram. Padahal foto tersebut telah diunggah dua tahun lalu, tepatnya pada Desember 2017.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts