Senyum Wakil Ketua KPK Saut Situmorang: Selamat Datang Undang-Undang Baru
Nasional

Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) hasil revisi telah resmi berlaku mulai hari ini (17/10) meski belum mendapat tanda tangan dari Presiden Joko Widodo.

WowKeren - Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru telah resmi berlaku mulai hari ini (17/10). Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, lantas menyampaikan ucapan selamat atas berlakunya UU hasil revisi.

"Selamat datang Undang-Undang baru," tutur Saut sambil tersenyum setelah mengadakan konferensi pers di Gedung KPK, dilansir Kumparan pada Kamis (17/10). Meski demikian, Saut tidak membahas lebih lanjut ucapannya tersebut dalam konteks UU KPK.

Sebelumnya, Ketua KPK Agus Rahardjo telah menyebut bahwa revisi UU akan tetap berlaku meski belum diteken oleh Presiden Joko Widodo. "Revisi UU KPK sesuai peraturan perundangan, meskipun misalkan presiden itu tidak menandatangani, itu kan akan otomatis berlaku," jelas Agus dalam sesi tanya jawab tentang UU KPK pada Rabu (16/10).

Selain itu, Agus juga mengaku bahwa pihaknya sudah mengantisipasi berbagai hal yang dapat terjadi apabila UU KPK baru telah berlaku. Salah satunya terkait dengan sumber daya manusia (SDM) di KPK yang ikut diatur dalam UU baru tersebut.


"Kami tadi siang sudah melakukan pertemuan dengan struktural di KPK," terang Agus. "Meski kita sudah banyak pertemuan, mengantisipasi hal-hal yang akan dihadapi KPK yang sangat krusial menyangkut banyak pihak, banyak orang terutama SDM itu yang kemudian jika bicarakan sudah jauh-jauh hari."

Agus mengaku pihaknya akan mengundang Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM untuk mengantisipasi kesalahan dalam realisasi UU KPK yang baru itu. "Kita mau undang Dirjen peraturan perundangan untuk mengetahui itu," ungkap Agus.

Di sisi lain, berlakunya UU KPK yang baru ini membuat mahasiswa kembali merencanakan aksi demonstrasi pada hari ini untuk mendesak Jokowi mengeluarkan Perppu KPK. Aksi yang bertajuk #tuntaskanreformasi ini diserukan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM-SI) se Jabodetabek-Banten dan BEM SI Wilayah Jawa Barat (Jabar).

Aksi tersebut akan dimulai pada pukul 13.00 WIB hari ini. Koordinator Media BEM SI, Ghozi Basyir membenarkan soal seruan aksi dan rencana demonstrasi tersebut. "Benar, benaran ada aksi," kata Ghozi seperti dikutip Antara pada Rabu (16/10).

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait