Antisipasi Demo Jelang Pelantikan, Polisi Tutup Jalan di Sekitar Gedung DPR RI
Nasional

Polisi menutup sejumlah ruas jalan di sekitar Gedung Dewan Perwakilan Rakyat untuk mengantisipasi demonstrasi yang terjadi menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 20 Oktober mendatang.

WowKeren - Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 akan segera digelar pada 20 Oktober mendatang. Polisi pun mulai mengamankan lokasi di sekitar tempat pelantikan yakni di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Selain mengamankan tempat di sekitar acara pelantikan, polisi juga menutup sejumlah ruas jalan di sekitar gedung DPR. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir mengatakan bahwa alasan penutupan jalan tersebut yakni untuk mengantisipasi aksi yang digelar di depan Gedung DPR RI.

Penutupan jalan mulai berlaku sejak Rabu (16/10) malam hingga Kamis (17/10). Meskipun demikian, Nasir menegaskan bahwa penutupan jalan dan pengalihan lalu lintas itu bersifat situasional. "(Tujuan penutupan jalan) antisipasi unjuk rasa, situasional saja," ujar Nasir saat dikonfirmasi yang dilansir Kompas pada Kamis (17/10).


Sementara itu, Nasir mengatakan bahwa pihaknya belum menyiapkan penutupan dan rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Merdeka. "Belum ada (rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Merdeka)," kata Nasir.

Sebelumnya, ribuan mahasiswa berencana untuk melakukan aksi demonstrasi kembali siang ini, Kamis (17/10) di depan Istana Merdeka. Mereka menuntut Presiden Jokowi untuk mengeluarkan Perppu KPK secepatnya. Hal ini karena hasil revisi UU KPK yang belum ditandatangani oleh presiden itu telah berlaku secara otomastis hari ini, sebulan sejak pengesahannya pada 17 September lalu.

Di sisi lain, meskipun Presiden Joko Widodo (Jokowi) membolehkan demonstrasi pada saat pelantikan, akan tetapi pihak Kepolisian tetap tidak melarang aksi tersebut. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan bahwa pihaknya memiliki diskresi meski Jokowi tidak melarang aksi massa saat pelantikan.

Sementara itu, acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden sebelumnya akan dirayakan secara meriah dengan parade budaya. Akan tetapi, rencana tersebut tiba-tiba dibatalkan oleh pihak penyelenggara. Hal ini karena Presiden Jokowi hanya ingin acara pelantikan yang akan digelar di Jakarta nanti berlangsung sederhana.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait