Anies Baswedan Buka Suara Soal TransJakarta Kembali Operasikan Bus Zhong Tong
Nasional

Sebelumnya, operasi bus Zhong Tong sempat disetop oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok lantaran mempertimbangkan faktor keamanan dan keselamatan penumpang.

WowKeren - PT TransJakarta diketahui baru saja mengoperasikan kembali armada bus pabrikan Tiongkok, Zhong Tong. Padahal, operasi bus Zhong Tong sempat disetop oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok lantaran mempertimbangkan faktor keamanan dan keselamatan penumpang.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur DKI Anies Baswedan pun buka suara. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menegaskan bahwa Pemprov DKI tidak membeli bus, melainkan hanya membeli jasa.

"Coba kasih ke Pak Dirut ya karena kalau Pemprov DKI Jakarta itu sudah tidak lagi membeli bus," tutur Anies di Jakarta Selatan pada Kamis (17/10). "Jadi Pemprov DKI Jakarta itu membeli jasa."

Diketahui, TransJakarta bekerjasama dengan perusahaan operator bus. Dalam kasus bus Zhong Tong ini, TransJakarta menggunakan Perum Pengangkut Penumpang Djakarta (PPD) sebagai operator.


"Jasanya dibayar, kemudian Pemprov DKI Jakarta menentukan SPM (Standar Pelayanan Minimal)," ungkap Anies. "Jadi selebihnya tanggung jawabnya dengan pengelola."

Selebihnya, Anies tidak mau membuat spekulasi soal aman tidaknya bus Zhong Tong tersebut. Anies hanya menyebut ada kerjasama antara operator dengan PT TransJakarta.

"Pasti ada kontrak kerja samanya," tutur Anies. "Di dalam kontrak itu ada aturannya."

Sebelumnya, PPD selaku operator telah memastikan aspek keselamatan bus TransJakarta merek Zhong Tong yang kembali beroperasi di Ibu Kota. Dirut Perum PPD, Pande Putu Yasa, menyebut bahwa bus tersebut hanya mereknya saja yang berasal dari Tiongkok.

"Kalau saya bandingkan dengan produk yang lainnya, itu kami tidak bisa bandingkan. Masalahnya kenapa? Di produk Zhong Tong ini produk dalamnya sangat berbeda jauh dengan bus-bus yang lain," pungkas Pande pada Selasa (15/10) kemarin. "Jadi semua produk-produk yang ada di dalam bus Zhong Tong itu produk Eropa. Memang dirakitnya di China, mereknya merek China. Tapi isinya adalah isi Eropa. Semua jadi enggak murahan."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru