Usai Mengundurkan Diri, Ustaz Abdul Somad Masih Belum Bisa Dihubungi Rektor UIN Suska Riau
Instagram
Nasional

Ustaz Abdul Somad baru saja memutuskan untuk mengundurkan diri dari PNS UIN Suska Riau. Rektor UIN Suska Riau mengatakan bahwa saat dihubungi, Ustaz Abdul Somad belum bisa menjawab.

WowKeren - Ustaz Abdul Somad Batubara atau yang biasa dipanggil UAS mengundurkan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska Riau). Hal ini tentunya amat disayangkan oleh pihak UIN Suska Pekanbaru.

"Saya baca di media sosial, banyak orang yang sangat menyayangkan (Ustaz Abdul Somad mundur)," kata Akhmad Mujahidi, Rektor UIN Suska Riau yang dilansir Kompas pada Kamis (17/10). "Kita juga sama menyayangkan dan menyesali. Jadi perasaan orang Riau itu sama, bagaimana kita mencintai beliau dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya."

Namun, Akhmad mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu klarifikasi dari ustaz kebanggaan penduduk Riau ini. Secara administrasi, surat panggilan sudah dikirim ke Ustaz Abdul Somad pada Rabu (16/10). Akhmad pun berharap UAS dapat memenuhi panggilan tersebut.

"Surat panggilan kita tujukan ke alamat rumahnya. Ini surat panggilan pertama tujuh hari kerja," jelas Akhmad. "Kita harap, Rabu depan, beliau dapat penuhi panggilan kita. Kalau belum, kita akan buat surat panggilan kedua. Sampai tiga kali surat panggilan. Kalau tidak ada juga (penuhi panggilan), maka sesuai mekanismenya kita putuskan."


Akan tetapi, sejauh ini Akhmad mengatakan bahwa UAS belum memberikan klarifikasi. Rektor UIN Suska Riau itu secara pribadi sudah beberapa kali menghubungi ustaz yang terkenal di YouTube itu melalui telepon, namun belum ada jawaban.

"Kalau beliau bisa ngomong hari ini pasti saya sampaikan," kata Akhmad saat diwawancarai wartawan. "Tapi, di WA (WhatsApp) enggak balas, telpon gak diangkat."

Akhmad kemudian mengungkapkan bahwa alasan penceramah kondang itu mengundurkan diri hanya karena kesibukan, tidak ada yang lain. "Karena beliau (sebelumnya) mengatakan, sampai tahun 2021, jadwal beliau sangat padat (ceramah) baik dalam maupun luar negeri. Jadi alasannya cuma sibuk, itu saja," terangnya.

Sementara itu, Akhmad mengatakan bahwa posisi Ustaz Abdul Somad secara akademik saat ini sedang kuliah S3 di Sudan sejak 28 Agustus 2018 lalu. Karena sudah ada izin tugas belajar keluar, maka tidak ada kewajiban UAS untuk mengajar di kampus sejak Agustus 2018 hingga saat ini. Akhmad pun mengungkapkan alasannya mengapa ia mengijinkan UAS untuk melanjutkan kuliah sehingga tidak dibebankan tugas mengajar.

"Saya yang berikan izin beliau kuliah S3. Kenapa, karena kita sangat cinta dengan beliau. Ilmunya diakui banyak pihak. Cuma gelarnya belum mumpuni, gitu aja," ungkapnya. "Makanya saya dorong untuk (jadi) doktor. Karena dalam keilmuan, doktor itu artinya orang yang berhak mengeluarkan doktrin. Kalau masih magister kan belum, masih ada di atasnya."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait