Jokowi Pernah Telepon Bos BUMN Malam-Malam Tanpa Sepengetahuan Menteri Rini, Untuk Apa?
Nasional

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat menggelar silaturahmi dengan jajaran menteri kabinet periode 2014-2019 di Istana Negara hari ini, Jumat (18/10).

WowKeren - Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih akan digelar dalam dua hari mendatang. Ini artinya, masa kerja kabinet di pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi jilid I juga akan berakhir.

Untuk itu, Jokowi menggelar acara silaturahmi dengan Kabinet Kerja periode 2014-2019. Dalam kesempatan itu, Jokowi bercerita ketika ia harus menghubungi Direktur Utama BUMN sewaktu-waktu.

Terlepas dari itu siang atau pun malam, Jokowi menghubungi mereka bahkan tanpa sepengetahuan Menteri BUMN Rini Soemarno. Pasalnya, kala itu Jokowi membutuhkan data-data tertentu.

"Saya juga panggil Dirut tanpa memberitahu Menteri BUMN karena sangat mendesak data yang saya ingin," kata Jokowi di Istana Negara, Jumat (18/10). "Malam-malam, pagi-pagi karena memang kita diberi tanggung jawab mengelola 267 juta jiwa di negara kita."


Bahkan, ketika kondisi mendesak, Jokowi mengaku pernah menelepon Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat tengah malam. Jokowi pun meminta maaf terkait hal ini. Menurutnya, pemerintah harus siap dengan risiko tugas semacam itu mengingat orientasinya adalah mengabdi untuk bangsa dan negara.

"Bu Menteri Keuangan saya telepon, Bu Menteri (Luar Negeri) Retno malam saya telepon. Pak Basuki juga sama," lanjut Jokowi. "Saya kira itu lah yang sering saya harus lakukan karena negara ini memerlukan kerja kita semuanya."

Menurut Jokowi, pertemuan yang ia gelar dengan para menteri jarang sekali bisa berlangsung santai seperti sekarang. Karena pada dasarnya mereka selalu disibukkan dengan urusan negara.

"Kita mohon maaf lima tahun ini baru bertemu agak santai, mungkin hari ini pas akhir-akhir kita baru bertemu mungkin ada yang nyanyi, biasanya ratas, rapat, rapat paripurna," ujar Jokowi. "Dan saya minta maaf ganggu tengah malam."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait