Mudah Dilakukan dan Tak Butuh Banyak Biaya, Ini 8 Cara Sederhana Sembuhkan Batuk dan Pilek
Health

Selain minum obat, ada beberapa cara mudah untuk menyembuhkan batuk dan pilek dalam waktu yang cukup singkat. Mau tahu apa saja caranya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Batuk dan pilek adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini juga dapat dikatakan sebagai salah satu keluhan yang paling sering dialami oleh setiap orang, terutama jika kondisi cuaca sedang tidak stabil.

Pilek sendiri adalah infeksi ringan pada hidung, saluran sinus, tenggorokan dan saluran pernafasan bagian atas karena serangan virus. Dan biasanya seseorang yang menderita pilek juga akan mengalami batuk, pernafasan tidak lancar hingga suara yang menjadi sesak.


Penyakit ini biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu minggu. Meski demikian, batuk pilek terkadang sangat mengganggu aktivitas harian dan membuat kita tidak nyaman. Karena itu, kita biasanya ingin sembuh dari batuk dan pilek secepat mungkin.

Nah, sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk menyingkirkan penyakit ini secepatnya. Karena intinya kita harus bisa membangun kembali sistem kekebalan tubuh, untuk memerangi virus penyebab batuk dan pilek. Mau tahu apa saja caranya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Perbanyak Minum Air Jika Ingin Cepat Sembuh dari Batuk dan Pilek


Perbanyak Minum Air Jika Ingin Cepat Sembuh dari Batuk dan Pilek

Batuk dan pilek biasanya menyebabkan postnasal drip, yakni kondisi ketika lendir (ingus) yang berlebihan menumpuk pada bagian belakang tenggorokan. Karena itu, pastikan tubuh kamu selalu terhidrasi dengan baik untuk membantu menipiskan lendir akibat postnasal drip.

Karena itu, perbanyak minum air jika ingin cepat sembuh dari batuk dan pilek. Sebab minum banyak air bisa membantu menjaga selaput lendir tetap lembab. Selain air, ada baiknya juga untuk minum teh hangat dan madu, karena sifatnya yang bisa menenangkan tenggorokan.

2. Berendam atau Mandi dengan Air Hangat Ampuh Mengurangi Batuk dan Pilek


Berendam atau Mandi dengan Air Hangat Ampuh Mengurangi Batuk dan Pilek

Berendam atau mandi dengan air hangat saat mengalami batuk dan pilek adalah salah satu kegiatan yang disarankan. Sebab mengguyurkan air hangat ke badan akan membuat tubuh terasa lebih baik serta bisa mengurangi batuk dan pilek. Mandi air hangat juga bisa melancarkan peredaran darah dan merelaksasikan otot-otot yang tegang.

Selain itu, menyemburkan uap hangat ke wajah juga bisa kamu lakukan untuk menyingkirkan batuk dan pilek. Sebab uap panas bisa melegakan saluran pernafasan. Dengan demikian, kondisi batuk pilek yang kamu alami bisa segera membaik.

3. Istirahat yang Cukup adalah Salah Satu Kunci Penyembuhan Batuk dan Pilek


Istirahat yang Cukup adalah Salah Satu Kunci Penyembuhan Batuk dan Pilek

Saat terserang batuk dan pilek, kita membutuhkan energi ekstra untuk melawan virus. Karena itu, tidur yang cukup adalah salah satu kunci untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita agar batuk pilek yang menyerang bisa cepat hilang. Karena itu, luangkan waktu untuk istirahat total agar batuk dan pilek tidak bertambah parah.

Saat tidur, usahakan menggunakan bantal yang lebih tinggi untuk memperlancar saluran pernafasan dan mencegah ingus serta lendir terkumpul di saluran nafas. Kalian bisa menumpuk 2 hingga 3 bantal saat tidur agar hidung tidak tersumbat yang bisa membuat flu semakin parah.

4. Berhenti Olahraga untuk Sementara Jika Ingin Cepat Sembuh dari Batuk dan Pilek


Berhenti Olahraga untuk Sementara Jika Ingin Cepat Sembuh dari Batuk dan Pilek

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tubuh membutuhkan energi untuk bisa cepat sembuh saat batuk dan pilek menyerang. Karena itu, untuk sementara waktu usahakan untuk berhenti berolahraga. Bagi yang terbiasa olahraga hal ini tentu sulit dilakukan, namun sebaiknya tahan dirimu jika ingin cepat sembuh.

Tapi jika kamu benar-benar ingin melakukan aktivitas fisik karena bosan terus berbaring, coba lakukan peregangan ringan. Kamu juga bisa menyempatkan diri untuk keluar berjalan-jalan sebelum jam makan siang tiba. Karena jalan-jalan ampuh untuk membangkitkan mood sekaligus daya tahan tubuh. Tapi sebelum itu pastikan juga cuacanya mendukung dan tidak ada banyak polusi ya.

5. Mendapatkan Sinar Matahari Pagi Bisa Membantu Mengurangi Batuk dan Pilek


Mendapatkan Sinar Matahari Pagi Bisa Membantu Mengurangi Batuk dan Pilek

Kebanyakan orang biasanya ingin tetap berdiam di rumah saat batuk dan pilek menyerang. Namun seperti yang telah disebutkan sebelumnya jika tidak ada salahnya untuk jalan-jalan santai agar kita bisa menghirup udara segar di luar rumah.

Saat jalan-jalan, usahakan untuk mendapatkan sinar matahari pagi sebanyak mungkin. Hadapkan tubuhmu pada matahari yang tengah bersinar agar bisa mendapatkan energinya yang baik. Sebab dengan begitu, sirkulasi darah akan lebih lancar dan bisa mempercepat proses pemulihan dari batuk dan pilek.

6. Perbanyak Makan Buah dan Sayur Saat Batuk dan Pilek Menyerang, Biar Cepat Sembuh


Perbanyak Makan Buah dan Sayur Saat Batuk dan Pilek Menyerang, Biar Cepat Sembuh

Saat batuk dan pilek menyerang biasanya nafsu makan berkurang. Padahal, tubuh sedang membutuhkan banyak nutrisi dan gizi agar cepat sembuh. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan makan buah dan sayur atau minum smoothie yang menyehatkan.

Hal ini disebabkan karena buah dan sayur mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi ketika kamu sedang terserang flu, buah dan sayur bisa sangat berperan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Dengan demikian, kamu bisa lekas sembuh dari batuk dan pilek.

7. Berkumur Bisa Meringankan Berbagai Gejala Batuk dan Pilek


Berkumur Bisa Meringankan Berbagai Gejala Batuk dan Pilek

Cara mudah berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi batuk dan pilek adalah dengan berkumur. Sebab berkumur dapat meringankan sakit tenggorokan dan menimbulkan efek lega. Kamu bisa menggunakan satu sendok teh garam yang dilarutkan dengan air hangat, lalu gunakan berkumur hingga empat kali sehari.

Untuk mengurangi gatal di tenggorokan, coba berkumur dengan zat astringent, seperti teh yang mengandung tannin, untuk mengencangkan membran. Selain itu, kamu juga bisa mengisap pemen pelega tenggorokan yang mengandung mentol. Karena permen ini bisa membantu meredakan hidung tersumbat, nyeri tenggorokan dan mengurangi refleks batuk.

8. Kontrol Pikiran yang Sedang Stres dengan Baik Agar Cepat Sembuh dari Batuk dan Pilek


Kontrol Pikiran yang Sedang Stres dengan Baik Agar Cepat Sembuh dari Batuk dan Pilek

Stres yang berlebihan bisa menyebabkan sistem imun tubuh melemah. Jika sudah demikian, kita akan gampang terserang penyakit, termasuk batuk dan pilek. Bahkan penelitian menunjukkan jika orang yang mengalami stres dua kali lebih mungkin mengalami sakit flu dibanding orang yang tidak stres.

Karena itu, kontrol stres di pikiran dengan sebaik mungkin jika ingin cepat sembuh dari batuk dan pilek. Misalnya dengan melakukan berbagai kegiatan yang kamu suka, berpikir positif maupun berlibur. Sebab kegiatan-kegiatan ini bisa membantu tubuh mempercepat proses penyembuhan berbagai penyakit, termasuk batuk dan pilek.

Demikian delapan cara mudah untuk menyembuhkan batuk dan pilek yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui kebiasaan sepele yang mungkin sering kamu lakukan saat menstruasi yang bisa membahayakan kesehatan. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui bahaya minum sambil berdiri dengan menyimak artikel ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait