Ditanya Kasus Novel Baswedan, Jokowi Beri Jawaban 'Nggak Nyambung'
Nasional

Hasil kerja tim teknis kasus Novel Baswedan yang dikepalai Kabareskrim Polri mulai ditagih. Namun hingga kini belum ada konfirmasi pasti dari berbagai pihak, termasuk dari Jokowi yang justru memberi jawaban nggak nyambung.

WowKeren - Kasus penyerangan terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan telah berlalu dua tahun tanpa kejelasan. Berlarut-larutnya penyelesaian masalah membuat berbagai pihak geram, termasuk Presiden Joko Widodo.

Alhasil Jokowi pun memerintahkan Polri untuk mengusut tuntas kasus tersebut dalam jangka waktu tiga bulan. Lewat pembentukan tim teknis yang dikepalai Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Pol Idham Azis, Jokowi meminta kasus Novel bisa segera dituntaskan.

Dibentuk pada Agustus 2019 lalu, maka kini tim teknis sudah genap tiga bulan bekerja. Namun hingga kini belum ada konfirmasi pasti terkait hasil penyelidikan.

Pertanyaan soal perkembangan kasus Novel pun turut ditanyakan pada Jokowi. Namun jawaban Jokowi kala ditanyai hal tersebut sontak menjadi sorotan banyak pihak. Mengapa?

Awalnya, Jokowi memberikan keterangan terkait pembentukan Kabinet Kerja Jilid II. Ia pun meminta semua pihak untuk bersabar dan menantikan pengumuman resmi darinya.

Menurutnya, susunan kabinet bakal diumumkan segera setelah pelantikan. Yakni antara tanggal 20-22 Oktober 2019.


"Kita (umumkan) mungkin bisa Minggu, tapi bisa juga Senin," jawab Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/10). "Bisa Senin, tapi juga bisa Selasa."

Setelahnya barulah para awak media menanyakan perihal perkembangan kasus Novel. Awalnya Jokowi tampak bungkam, sehingga wartawan terus menanyakan pertanyaan serupa.

Selang beberapa saat, akhirnya Jokowi menjawab. Namun ternyata jawaban mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. Sebab ia justru kembali membahas perihal kabinet.

"Nanti lah, tadi kan sudah saya sampaikan," kata Jokowi, dilansir oleh CNN Indonesia. "Nunggu. Sabar. Sabar."

Sebelumnya Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Muhammad Iqbal telah membagikan perkembangan terkini dari pekerjaan tim teknis. Walaupun informasi yang diberikannya juga tidak spesifik dan mendetail.

"Ada kemajuan nggak? Insya Allah ada, sangat signifikan, doakan," ujar Iqbal di Hotel Cosmo Amarossa, Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, Rabu (16/10). "Tim kami sedang bekerja yang terbaik."

Di sisi lain, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memastikan Jokowi tidak akan mengesampingkan perkembangan kasus Novel. Menurut Moeldoko, Jokowi sendiri lah yang akan menagih hasil tim teknis kepada Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru