Jalankan Tugas Pertama Sebagai Wapres, Ma'ruf Amin Akan Hadiri Penobatan Kaisar Jepang
Instagram/khmarufamin_
Nasional

Ma'ruf Amin telah resmi menjadi Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Sebagai tugas pertamanya usai menjadi Wapres RI yang baru, ia akan bertolak ke Jepang untuk menghadiri penobatan Kaisar Jepang.

WowKeren - K.H. Ma'ruf Amin telah resmi menjadi Wakil Presiden periode 2019-2024. Sehari setelah resmi dilantik, ia akan menghadiri penobatan Kaisar Naruhito, di Jepang, Senin (21/10) mewakili Joko Widodo.

"Besok saya harus mewakili Pak Jokowi ke Jepang untuk mengikuti penobatan kaisar Jepang yang baru," ujar Ma'ruf di Istana Wapres, Jakarta, Minggu (20/10). "Udah itu pulang."

Asisten Deputi Komunikasi dan Informasi Publik Sekretariat Wakil Presiden Rusmin Nuryadin pun membenarkan informasi tersebut. Ia mengatakan jika Wapres Ma'ruf Amin akan bertandang ke Jepang besok sekitar pukul 10 pagi.

"Rencana besok pagi Ma'ruf pergi ke Jepang. Tunggu rilis selengkapnya nanti," kata Rusmin. Penobatan Kaisar Naruhito akan menjadi kunjungan kenegaraan perdana Ma'ruf sebagai Wakil Presiden RI.


Naruhito sendiri telah diangkat sebagai Kaisar Jepang pada Mei lalu menggantikan sang ayah, Kaisar Akihito yang memutuskan untuk turun tahta. Selain Ma'ruf, akan ada sejumlah petinggi negara lain yang juga akan menghadiri penobatan Kaisar Naruhito tersebut.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2019-2024 telah resmi dilantik. Acara pelantikan tersebut dilaksanakan di Gedung Parlemen, Senayan, Minggu (20/10).

Acara tersebut dipimpin oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Setelah acara pembukaan dan pembacaan putusan KPU terkait hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Jokowi dan Ma'ruf pun diambil sumpahnya sesuai dengan agama yang dianut. Diambil dalam suasana khidmat, berikut isi sumpah Jokowi-Ma'ruf.

"Bismillahirrahmannirrahim. Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," demikian kutipan sumpah Jokowi, Minggu (20/10). "Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa."

"Bismillahirrahmannirrahim. Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," imbuh Ma'ruf Amin. "Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru