Hadiri Pelantikan Jokowi, Pakar Gestur Sebut Prabowo Legowo Tapi Sandi Kecewa
Instagram
Nasional

Seorang pakar gestur mengatakan bahwa Prabowo Subianto nampak legowo namun Sandiaga Uno terlihat kecewa saat menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 20 Oktober kemarin.

WowKeren - Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024 baru saja diadakan Minggu (20/10) kemarin. Meski sudah terlewati, berbagai momen dan fakta menarik masih menjadi perbincangan.

Salah satu fakta menarik dalam pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin ini adalah kehadiran rival mereka pada ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yakni Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (Sandi). Salah seorang pakar gestur dari Paul Ekman International Indonesia, Monica Kumalasari pun menganalisis makna dibalik ekspresi yang dipancarkan pasangan calon nomor urut dua di Pilpres 2019 itu.

Monica mengawali analisisnya dengan melihat ekspresi dan gerakan-gerakan Prabowo saat acara pelantikan Jokowi-Ma'ruf kali ini dan membandingkannya dengan gestur Prabowo saat 2014 lalu. Dari analisisnya, Monica menilai bahwa gestur Prabowo dan Sandi menampakkan sikap yang berbeda saat hadir di pelantikan tersebut.

Monica mengungkapkan bahwa dari perbandingan gestur tersebut, Prabowo nampak lebih legowo dan tak memiliki beban. Dia menilai Prabowo terlihat secara ksatria mengakui tak ada masalah lagi soal Jokowi-Ma'ruf yang kini sudah dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

"Kalau kita lihat dulu dari Pak Prabowo. Beda dari 2014, diisukan bakal ada demo sampai seminggu sebelum pelantikan Pak Jokowi datang ke Hambalang," ujar Monica, Minggu (20/10/2019) malam. "Nah, bedanya sekarang justru Pak Prabowo yang datang ke Pak Jokowi. Ketika saya melihat gesturnya tadi, terutama di facial expression-nya memang nggak ada beban juga Pak Prabowo sekarang."


Namun, Monica mengatakan bahwa gestur yang ditunjukkan oleh Sandiaga menampakkan hal yang sebaliknya. Ia pun menyoroti ekspresi wajah Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu saat mendengar pidato dari Presiden Jokowi di pelantikan tersebut.

"Sandiaga Uno beliau dari zaman debat presiden cium tangan ke yang lebih tua, soal sopan santun Sandiaga sangat bagus," katanya yang dilansir Detik pada Senin (21/10). "Hanya, yang saya perhatikan adalah di ekspresi wajahnya ketika mendengar pidato Pak Jokowi matanya memang memancarkan senyum, tetapi bibirnya tidak."

Menurutnya, dalam micro expression yang diperlihatkan Sandiaga tersebut, Monica menilai masih ada kekecewaan yang terlihat dari ekspresi wajah Sandiaga. Ia pun menebak hal ini terjadi karena Sandiaga mengeluarkan usaha yang luar biasa dalam kancah Pilpres 2019 lalu.

"Dari bibirnya itu mengindikasikan, kalau orang senyum di kiri dan kanan itu ada otot-otot yang ketarik lah gitu, tapi tadi pada bibirnya saya menemukan ada shuttle expression di mana emosinya tadi adalah emosi seperti sedih," katanya. "Mungkin, dugaan saya beliau kan effort-nya sudah luar biasa untuk maju ke kancah ini. Jadi ya tetap ada kekecewaan ya. Saya melihat kalau dari emosinya adalah seperti itu."

Sementara itu, saat menghadiri pelantikan tersebut, Prabowo-Sandiaga tampak hadir dan duduk bersebelahan saat acara pelantikan Jokowi-Ma'ruf di gedung MPR, Jakarta, Minggu (20/10). Tak hanya itu, keduanya juga tampak kompak memberikan hormat saat nama mereka disebut Jokowi dalam pidatonya. Prabowo-Sandiaga juga terlihat memberikan selamat ke Jokowi-Ma'ruf. Sandiaga juga sempat memberi hormat ke Jokowi sebelum bersalaman dan juga mencium tangan Ma'ruf saat bersalaman.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait