Angin Kencang Terjang Batu Jawa Timur, 1 Orang Tewas dan 550 Mengungsi
Nasional

Sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan. Selain itu, angin kencang yang melanda sejak Sabtu malam menyebabkan banyak pohon tumbang sehingga mengganggu akses jalan raya.

WowKeren - Bencana angin kencang melanda Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur pada Sabtu (19/10) malam. Badan Penanggulangan Bencana Daerah mencatat satu orang tewas akibat insiden tersebut dan lebih dari 500 orang mengungsi.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaporkan satu orang meninggal dunia," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo dalam keterangan tertulis seperti dilansir dari Republika, Senin (21/10). "Beberapa orang luka-luka, dan sekitar 550 orang mengungsi."

Warga diungsikan ke sejumlah titik yakni posko pengurus besar (PB) BPBD Kota Batu, Rumas Dinas Walikota, Balai Desa Punten, dan Balai desa Tulungrejo. Bencana tersebut mengakibatkan sejumlah fasilitas umum dan jaringan listrik mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, pemulihan darurat akan segera dilakukan. "Kendati demikian, bangunan rumah, fasilitas umum, jaringan komunikasi, jaringan listrik mengalami kerusakan akibat bencana ini," ujar Agus.

Hingga hari ini, kondisi listrik juga masih belum menyala. Selain menewaskan satu orang warga, bencana tersebut juga menyebabkan beberapa lainnya mengalami luka-luka dan gangguan pernapasan.


Angin kencang tersebut terus terjadi sejak Sabtu malam hingga Minggu. Hal tersebut menyebabkan seluruh wilayah desa lumpuh. Pohon yang tumbang menyebabkan akses jalan menjadi terganggu.

"Hingga saat ini listrik masih padam dan mengganggu jaringan komunikasi," lanjut Agus. "Korban jiwa satu orang meninggal dunia dan beberapa orang mengalami luka-luka dan gangguan saluran pernapasan."

"Banyak pohon tumbang yang mengganggu akses jalan raya," kata Agus. "Dan mengancam beberapa bangunan rumah maupun dan fasilitas umum."

Saat ini tim petugas mengevakuasi masyarakat yang terdampak ke pos pengungsian. Selain itu untuk memastikan keselamatan, jalur lalu lintas Batu-Mojokerto juga ditutup.

"Rekomendasi tindak lanjut ialah mengevakuasi seluruh warga yang berada di Desa Sumberbrantas," tutur Agus. "Atas pertimbangan keamanan dan keselamatan, jalur lalu lintas Kota Batu-Kab. Mojokerto via Cangar ditutup."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait