Puluhan Spesies Ditemukan di Hutan Bromo, 4 Diantaranya Fauna Langka
Nasional

Tim peneliti dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menemukan 44 spesies burung termasuk jenis raptor atau burung pemangsa, 19 spesies reptil, 36 jenis kupu-kupu, dan 3 jenis mamalia.

WowKeren - Sejumlah fauna langka telah teridentifikasi di hutan Gunung Bromo Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.Tim peneliti dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menemukan ada puluhan jenis fauna yang ditemukan dari observasi tersebut.

Tim peneliti fauna sekaligus dosen Pengelolaan Hutan di Fakultas Pertanian UNS Ike Nurjuita Nayasilana mengatakan, hasil penelitian dari tim fauna telah menemukan 44 spesies burung, kemudian 19 spesies reptil, 36 jenis kupu-kupu, dan tiga jenis mamalia. Adapun jenis burung pemangsa yang ditemukan adalah elang ular, elang bido, dan elang hitam.

Di Indonesia sendiri, ada empat jenis elang yang hidup di darat yakni elang ular, elang Jawa, elang bido, dan elang hitam. Keempat elang tersebut biasanya lebih banyak ditemukan di Jawa Barat seperti di Gunung Gede Pangrango. 

"Elang hitam ada jantan dan betina, ada sarangnya, jadi ada kemungkinan breeding-nya," kata Ike di Karanganyar, Jumat (18/10). "Kami akan coba observasi lebih lanjut terkait breeding (pembibitan)."


Selain elang, juga ditemukan burung endemik yakni bubut Jawa yang biasa berhabitat di daerah rawa-rawa. Tim peneliti juga menemukan dua jenis reptil yang termasuk dalam kategori dilindungi.

Untuk kategori insekta, tim juga menemukan kupu-kupu endemik yang dilindungi. Kupu-kupu masih cukup banyak ditemukan di hutan Bromo tersebut. "Menurut informasi ada landak dan kancil, tetapi kami belum ketemu," imbuhnya.

Sementara itu, Divisi Inovasi dan Pengembangan Usaha UPT Pusdiklat Kehutanan UNS Retno Tanding Suryandari mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak berwenang terkait temuan satwa langka tersebut. Ia ingin memastikan agar habitat mereka aman. "Kami melakukan beberapa program bahwa habitat itu tidak terganggu sehingga bisa berkembang biak lebih bagus," ucap Retno.

Sebelumnya, di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango juga telah ditemukan elang jawa yang kerap diidentikkan dengan burung garuda. Hal itu membuat petugas senang bukan kepalang.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru