BPJS TK Sabet 2 Penghargaan Tertinggi di Forum Jaminan Sosial Dunia
Nasional

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan berhasil meraih dua penghargaan tertinggi di forum jaminan sosial seluruh dunia dalam pengembangan dan pemanfaatan Sistem Teknologi Informasi (TI) dan pelaksanaan program Return to Work.

WowKeren - Indonesia kembali dibanggakan di dunia internasional. Pasalnya, baru-baru ini Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) berhasil meraih dua penghargaan tertinggi sekaligus di forum jaminan sosial tingkat dunia.

Penghargaan tersebut diraih BPJS TK dalam hal pengembangan dan pemanfaatan Sistem Teknologi Informasi (TI) dan juga pelaksanaan program Return to Work. Penghargaan tersebut diberikan pada pertemuan institusi jaminan sosial sedunia yakni World Social Security Forum (WSSF) di Brussels, Belgia. Ajang yang diselenggarakan oleh International Social Security Association (ISSA) ini dihadiri oleh 152 negara.

Penghargaan yang diterima BPJS Ketenagakerjaan tersebut hanya diberikan kepada lembaga yang mampu mengimplementasikan pedoman dan standar internasional jaminan sosial (Guidelines) dari ISSA (International Social Security Association). Penghargaan itu yakni ISSA Certificate of Excellence in Social Security Administration for Information Communication Technology (ICT) dan ISSA Certificate of Excellence in Social Security Administration for Return to Work (RTW) program.

Dari tujuh penerima penghargaan dari ISSA pada ajang tersebut, BPJS TK merupakan perwakilan Indonesia. Sekretaris Jenderal ISSA, Marcelo Abi-Ramia Caetano menyatakan bahwa sistem IT dan program RTW BPJS Ketenagakerjaan berhasil memenuhi seluruh aspek yang ditentukan oleh ISSA, bahkan memberikan masukan yang krusial bagi ISSA.


Seremonial pemberian penghargaan tersebut dilaksanakan pada Rabu (16/10) dan disaksikan langsung oleh lebih dari 1.000 delegasi WSSF. Delegasi tersebut merupakan perwakilan dari lebih dari 300 institusi jaminan sosial yang berasal dari 152 negara. Atas prestasi yang telah diraih BPJS TK, Agus Susanto yang merupakan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan berharap penghargaan ini menjadi penyemangat dan motivasi bagi insan BPJS Ketenagakerjaan di seluruh Indonesia.

"Penghargaan ini sangat spesial, karena lembaga jaminan sosial di Indonesia baru pertama kali menerima penghargaan setingkat ISSA Certificate of Excellence dan pertama kali juga sebuah lembaga langsung sekaligus mendapatkan 2 (dua) awards, untuk ICT dan RTW," kata Agus. "Tentunya ini berkat kerja cerdas dan keras semua pegawai yang didukung oleh semua stakeholder kami."

Selain itu, Agus juga mengklaim bahwa penghargaan tersebut merupakan bukti bahwa pelaksanaan BPJS Ketenagakerjaan sudah di atas standar internasional. Ia juga mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut dapat menjadi pemicu semangat agar pihaknya selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Dua Penghargaan ini menjadi bukti bagi dunia bahwa pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia telah sesuai, bahkan diatas standar Internasional," katanya. "Penghargaan ini juga memicu kami untuk terus berusaha lebih baik lagi dalam melindungi dan memberikan kemudahan pelayanan kepada seluruh masyarakat pekerja Indonesia."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait