'Mulan' Syuting Ulang dan Rombak Materi Film Akibat Kritik, Jadwal Tayang Berubah?
Film

Sejak teaser trailer perdana 'Mulan' dirilis pada bulan Juli lalu, sejumlah pihak memang menyoroti ketidakakuratan sejarah yang diusung dalam live-action terbaru Disney ini.

WowKeren - "Mulan" tentunya menjadi salah satu proyek live-action Disney yang cukup dinantikan kehadirannya tahun depan. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa film adaptasi animasi klasik Disney ini juga menuai banyak sekali kontroversi sebelum resmi ditayangkan.

Bahkan kini, laporan terbaru menyebut kalau pihak produksi tengah melakukan reshoot alias syuting ulang besar-besaran. Dilansir Movie Web pada Senin (21/10), keputusan untuk melakukan syuting ulang ini rupanya berhubungan dengan kritikan negatif yang diterima oleh "Mulan".

Diketahui, sejak teaser trailer perdana "Mulan" dirilis pada bulan Juli lalu, para penggemar memberikan reaksi yang beragam. Meskipun banyak yang mengaku antusias hingga membuat teaser ini memecahkan rekor tayang, namun ada pula sejumlah pihak yang justru menyoroti ketidakakuratan sejarah yang diusung live-action ini.


Banyak yang mengklaim bahwa film "Mulan" nantinya justru tidak menghormati budaya Tiongkok karena ketidakakuratan sejarah yang terlihat di teaser yang dirilis. Diketahui, kisah "Mulan" sendiri berlatar pada periode dinasti Utara dan Selatan, yaitu sekitar abad ke-5 Masehi. Karakter Mulan dikisahkan lahir di Utara, tetapi dalam teaser versi live-actionnya ia malah ditampilkan di sebuah rumah bundar yang disebut tulou.

Struktur bentuk rumah ini sebenarnya berasal dari bagian pantai selatan Tiongkok, tepatnya di Fujian. Selain itu, tulou sendiri tidak muncul sampai Dinasti Ming, sekitar seribu tahun kemudian. Tak hanya itu, ada pula yang menilai bahwa versi live-action "Mulan" ini seakan dikhususkan untuk penonton Barat saja dan tidak menghormati budaya dan penonton non-Barat.

Kini, "Mulan" sendiri akan di-reshoot dan proyek ini diprediksi akan menghabiskan waktu selama empat bulan untuk syuting ulang. Proses syuting ini dimulai bulan ini dan kemudian berakhir pada Februari 2020 mendatang.

Terkait hal ini, belum ada keterangan lebih lanjut soal jadwal tayang "Mulan". Namun diperkirakan film live-action ini masih akan membidik tanggal rilis awal, yakni 27 Maret 2020. Akan tetapi, yang jelas "Mulan" sendiri seharusnya diputar di bioskop tahun lalu, namun ditunda lebih dari satu setengah tahun hingga 2020.

Di sisi lain, film live-action "Mulan" ini akan diarahkan oleh sutradara Niki Caro. Film ini dibintangi oleh Liu Yifei, Gong Li, Donnie Yen, hingga Jet Li.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel