Hangat Dan Nikmat, 7 Rekomendasi Warung Rawon Legendaris Di Surabaya Ini Harus Banget Kalian Cobain!
Kuliner

Salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal akan rawonnya adalah Surabaya. Di kota pahlawan ini banyak sekali warung makan rawon yang pastinya legendaris dan nikmat.

WowKeren - Indonesia memang kaya akan budaya, hal ini terbukti dengan banyaknya ragam kuliner nusantara yang nikmat. Salah satu yang paling digemari adalah kuliner berkuah hitam yang bernama rawon. Rawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek.

Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, rawon dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur tepatnya daerah Surakarta. Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil, utamanya adalah bagian sandung lamur. Warna gelap khas rawon berasal dari bumbu dapur khas nusantara bernama kluwek.


Di luar negeri, rawon disebut sebagai black soup karena memiliki warna yang hitam pekat. Salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal akan rawonnya adalah Surabaya. Di kota pahlawan ini banyak sekali warung makan rawon yang pastinya legendaris dan nikmat.

Penasaran? berikut tim WowKeren rangkum 7 tempat makan rawon legendaris di Surabaya yang enggak boleh dilewatkan. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Rawon Kalkulator Yang Pelayannya Dijamin Bikin Kalian Melongo


Rawon Kalkulator Yang Pelayannya Dijamin Bikin Kalian Melongo

Warung rawon yang satu ini enggak boleh banget kalian lewatkan. Pasalnya rawon yang satu ini enggak hanya tersohor di daerah setempat, namun juga sudah dikenal sampai luar kota Surabaya. Terletak di kawasan Taman Bungkul, menjadikan Rawon Kalkulator sangat strategis dan cukup mudah untuk kalian temukan.

Selain menyajikan rawon yang nikmat, satu lagi keunggulan warung rawon ini yakni pelayannya. Sesuai namanya, para pelayan warung ini gesit banget untuk menghitung berapa total biaya yang harus dibayar oleh pengunjung dengan menu-menu yang di pesannya tanpa pakai kalkulator loh. Harga porsi yang ditawarkan pun cukup murah dan sangat terjangkau.

2. Enggak Usah Takut, Warung Rawon Setan Ini Tak Berhantu Kok


Enggak Usah Takut, Warung Rawon Setan Ini Tak Berhantu Kok

Rawon kedua yang paling sering dikunjungi wisatawan adalah warung rawon setan. Namun kalian enggak usah takut karena warung yang beralamat di Jl. Embong Malang No. 78, Surabaya ini enggak ada hantunya kok. Warung ini dijuluki rawon setan karena hanya buka pada malam hari saja. Nah, malam hari sangat identik dengan makhluk halus, sehingga pemilik warung berinisiatif memberikan nama Rawon Setan untuk rumah makan miliknya.

Ada banyak hal menarik yang bisa anda temukan saat berada di Rawon Setan. Salah satunya ialah anda akan melihat bingkai foto berjajar rapi yang berisikan wajah atau karakter seniman-seniman yang pernah singgah dan menikmati rawon di rumah makan ini. Jangan heran jika banyak orang ataupun seniman asal daerah dan luar daerah telah singgah ke Rawon Setan, karena tempat tersebut memang sudah berdiri sejak tahun 1990 silam.

3. Ingin Coba Sensasi Perpaduan Rawon dan Pecel? Coba Saja Ke Rawon Pucang Moroseneng


Ingin Coba Sensasi Perpaduan Rawon dan Pecel? Coba Saja Ke Rawon Pucang Moroseneng

Siapa yang tidak suka dengan pecel? semua orang pasti menggemari kuliner berbumbu kacang satu ini. Namun pernahkah kalian terpikir untuk memadukannya dengan rawon? Di warung Moroseneng yang terletak di Jl. Pucang Anom No.17, Pucang Sewu ini kalian bisa mencicipi kombinasi legendaris dari kota Surabaya tersebut.

Menu andalannya adalah nasi pecel komplit, termasuk dengan bumbu kacang yang pedas, diguyur kuah rawon dan isian yang tidak kalah nikmat rasanya. Empal juga sangat cocok untuk teman bersantap malam kalian. Walau jam bukanya seusai pulang kantor, yakni selepas maghrib hingga tengah malam, namun warung ini enggak pernah sepi dari serbuan para pengunjung loh.

4. Cobain Rawon Pak Pangat Yang Sudah Punya Cabang Di Mana-mana


Cobain Rawon Pak Pangat Yang Sudah Punya Cabang Di Mana-mana

Warung rawon pak Pangat ini bisa kalian temui dengan mudah. Pasalnya warung legendaris ini ini punya beberapa cabang di kota Surabaya. Yang paling menarik, rawon ini punya tiga menu varian untuk kamu pilih dan nikmati sebagai sajian. Yaitu, rawon suwir, rawon campur, dan rawon krengsengan.

Yang paling favorit dan diminati oleh banyak pengunjung adalah si rawon krengsengan. Rawon ini terdiri dari perpaduan antara rawon dan krengsengan. Selain itu, daging suwir yang disajikan juga mirip abon, namun dengan tekstur yang lebih kasar. Karena sesuatu yang enggak biasa inilah, rawon Pak Pangat banyak digemari penikmat kuliner yang mampir ke Ibukota Jawa Timur.

5. Rawon Gajah Mada, Rawon Asli Sidoarjo Yang Juga Terkenal di Surabaya


Rawon Gajah Mada, Rawon Asli Sidoarjo Yang Juga Terkenal di Surabaya

Rawon Gajah Mada ini bukanlah rawon khas Surabaya namun Sidoarjo yang buka di Surabaya. Namun meski begitu, warung rawon yang terletak di Jl. Raya Jemursari No. 17, Wonocolo, Surabaya ini patut banget kalian coba jika sedang mampir ke kota pahlawan ini.

Di sidoarjo, rawon yang satu ini cukup terkenal karena kelezatannya. Akan tetapi, jangan pernah takut untuk mencoba Rawon Gajah Mada di kota Surabaya, karena rasanya pun tidak kalah enak dan membuat anda ketagihan. Belum lagi, rawon yang berada di sederet ruko ini memiliki harga yang sangat terjangkau dan sangat ekonomis.

6. Rawong Nguling Yang Tersohor Banget Di Surabaya


Rawong Nguling Yang Tersohor Banget Di Surabaya

Rawon Nguling aslinya berasal dari kawasan perbatasan antara Pasuruan dan Probolinggo, serta memiliki rasa yang sangat nikmat bahkan ketika sampai di Surabaya. Jika anda berkunjung ke Surabaya, maka jangan pernah lewatkan untuk mencoba rawon lezat yang ada di cabang Surabaya. Di Surabaya, warung rawon tersebut terletak di Jl. Raya Kendangsari no. 41B.

Warung ini merupakan rumah makan rawon paling tua dan dinobatkan sebagai legendaris. Sudah berdiri sejak tahun 1940 an silam, namun rasa rawon dan kualitas nama hingga pelayanannya tetap terjaga sampai sekarang. Memiliki kuah rawon tidak terlalu kental dan berwarna hitam, daging sapi yang empuk ditambah kecambah pendek, menjadikan rawon ini sangat terkenal dan tersohor di Surabaya.

7. Rawon Warung Tegal Bu Lilik Yang Juga Menyediakan Banyak Hidangan Nikmat


Rawon Warung Tegal Bu Lilik Yang Juga Menyediakan Banyak Hidangan Nikmat

Jika anda ingin mengkreasikan rawon dengan menu lainnya, kalian patut untuk mencoba rawon yang ada di Warung Tegal Bu Lilik. Di warung ini ada banyak ragam menu dan hidangan yang bisa anda coba sehingga akan membuat kalian sedikit bingung harus memilih yang mana.

Kalian cukup merogoh kantong sekitar Rp 18.000 untuk satu porsi, dan langsung bisa menikmati rawon lengkap dengan nasi putih hangat yang sangat sedap. Selain rawon, Warung Tegal Bu Lilik juga menyediakan nasi rames, cumi, nasi pecel, hingga nasi kare. Pilihan menu yang ditawarkan akan membuat anda melambung tinggi dengan kenikmatan yang tiada tara.

Selain itu, kalian juga bisa coba kuliner es krim legendaris di Indonesia di sini. Intip juga beberapa kuliner legendaris Malang di sini.

You can share this post!

Related Posts