MAMA 2019: Perselisihan Korea - Jepang Makin Memanas, Tamu Yang Datang Terancam Kena 'Imbas'?
Musik

Baru-baru ini salah satu outlet media Korea Nate mengungkapkan bahwa MAMA 2019 sedang menghadapi konflik baru mengenai digelarnya di Jepang yang dapat mempengaruhi para line up penampil yang akan hadir.

WowKeren - Mnet Asian Music Awards (MAMA) merupakan upacara penghargaan musik Asia terbesar yang diadakan setiap tahun oleh CJ E&M. Pada September lalu, Mnet mengumumkan bahwa MAMA 2019 akan tetap diadakan di Nagoya Dome di Jepang pada 4 Desember meski situasi sedang memanas antara Korea dan Jepang.

Pada saat itu, Mnet menyampaikan keprihatinan atas keadaan hubungan Korea - Jepang saat ini. Namun baru-baru ini salah satu outlet media Korea Nate mengungkapkan bahwa pihak penyelenggara sedang menghadapi konflik baru mengenai digelarnya MAMA 2019 di Jepang.


Ketegangan politik dan ekonomi antara Korea dan Jepang, yang dimulai dengan masalah perdagangan, baru-baru ini memuncak lagi karena masalah dengan iklan dari peritel Jepang UNIQLO. Meskipun iklan tersebut dibuat sebagai wawancara antara dua perancang Amerika, cabang UNIQLO Korea menyebut jika pertanyaan dibuat sedemikian rupa sehingga orang Korea menafsirkannya sebagai komentar tentang pendudukan kolonial Jepang di Korea dan masalah wanita penghibur.

Selain itu, pada bulan Agustus tahun ini, sebuah patung yang disebut "Patung Gadis Perdamaian" didirikan sebagai bagian dari pameran di sebuah festival seni internasional, Aichi Triennale 2019, yang berlangsung di Nagoya. Patung itu adalah karya Korea yang dirancang untuk mewakili "comfort woman" (sebuah istilah yang mengacu pada wanita yang dipaksa melakukan pelayanan seksual oleh tentara Jepang selama Perang Dunia II). Karena kontroversi tersebut, pameran ditutup hanya dalam waktu tiga hari.

Dalam laporan Nate, kontroversi tentang Nagoya ini dapat mempengaruhi para line up penampil yang akan hadir dalam MAMA 2019. Nate menyebutkan jika kontroversi itu lebih cenderung mempengaruhi para aktor yang hadir sebagai presenter penghargaan daripada penyanyi atau idol.

"Para penyanyi tidak punya pilihan selain hadir karena itu adalah upacara penghargaan utama dalam industri musik. Tapi para aktor hanya memberikan penghargaan, jadi tidak perlu bagi mereka untuk hadir," ungkap salah satu perwakilan industri hiburan Korea.

"Jika mereka ingin menghindari kontroversi, tidak ada alasan bagi mereka untuk pergi ke MAMA 2019. Saat ini, keinginan untuk menghadiri upacara tahun ini tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Jelas ada tekanan tentang bahaya pergi ke MAMA sekarang. Kami harus berhati-hati karena kami tidak tahu akan jadi seperti apa tanggapan (publik) nantinya," lanjut perwakilan tersebut.

MAMA 2019 sendiri hingga saat ini masih belum mengumumkan daftar line up penampil yang akan berpartisipasi. Selain itu, daftar nominasi juga masih belum diungkapkan oleh pihak penyelenggara.

You can share this post!

Related Posts
Loading...