Jokowi Minta Syahrul Yasin Limpo Jadi Menteri Tanpa Rekomendasi Surya Paloh
Instagram
Nasional
Susunan Kabinet Jokowi Maruf

Presiden Joko Widodo diketahui memanggil Syahrul Yasin Limpo yang merupakan Ketua DPP Partai NasDem untuk menjadi menteri tanpa usulan dari Ketua Umum NasDem yakni Surya Paloh.

WowKeren - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memanggil beberapa calon menterinya ke Istana Negara Selasa (22/10) pagi ini. Selain Sri Mulyani dan Siti Nurbaya, Mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode, yakni Syahrul Yasin Limpo juga terlihat sedang berada di Istana Negara. Ketua DPP Partai NasDem itu disebut akan masuk dalam kabinet Jokowi 2019.

Menariknya, meski dari kalangan partai politik (parpol) Syahrul Yasin Limpo mengakui bahwa dirinya diminta menjadi menteri oleh Presiden Jokowi secara langsung. Menurut Syahrul, Jokowi menunjuknya tanpa berkoordinasi terlebih dulu dengan Ketua Umum Partai, Nasdem Surya Paloh.

"Saya kira seperti itu (tidak lewat Surya Paloh) karena mulai dari kemarin tidak ada (komunikasi dengan Surya Paloh)," kata Syahrul usai pertemuan dengan Jokowi pagi ini. "Kami Partai Nasdem tidak membayangi Bapak Presiden. Terserah."

Syahrul meyakini bahwa dirinya dipilih sebagai calon menteri karena kemampuan yang telah dirinya perlihatkan. "Saya kira pilihan Bapak Presiden, termasuk saya hari ini, merupakan kemampuan yang saya perlihatkan selama ini," ujarnya yang dilansir Kompas pada Selasa (22/10).


Karena Syahrul ditunjuk sebagai menteri tanpa melalui Surya Paloh, sebelum berangkat ke Istana Negara siang ini, ia terlebih dulu meminta izin ke Katua Umum NasDem itu. Menurutnya, Surya Paloh memberi izin dirinya untuk menjadi menteri.

Sementara itu, soal sikap Jokowi yang tidak berkoordinasi dengan dirinya terlebih dulu sebelum mengambil kadernya menjadi menteri tidak dipermasalahkan oleh Surya Paloh. Politikus kelahiran Banda Aceh itu justru meminta Syahrul agar melakukan yang terbaik saat menjalankan tugasnya sebagai menteri.

Sebelumnya, saat menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 20 Oktober lalu, Surya Paloh memang mengaku bahwa belum ada pembicaraan dengan Presiden Jokowi soal jatah menteri untuk kader Partai Nasdem. "Terus terang saja, yang paling lucu ini Nasdem. Enggak dikasih tahu (dapat kursi menteri apa), belum, belum ada sampai hari ini," kata Surya di acara pelantikan tersebut.

Surya Paloh mengakui jika beberapa hari sebelumnya ia memang bertemu Presiden Jokowi. Akan tetapi, pertemuan tersebut tidak menyinggung secara spesifik mengenai jatah kursi menteri yang akan didapat oleh Partai Nasdem.

Di sisi lain, Syahrul Yasin Limpo merupakan Gubernur Sulawesi Selatan yang pertama kali dipilih secara langsung. Politikus tersebut menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan pada 8 April 2008 hingga 8 April 2018. Beberapa penghargaan yang pernah diraihnya antara lain Satya Lencana Kebaktian Sosial-Presiden RI Tahun 1998, Satya Lencana Pembangunan-Presiden RI Tahun 2001, dan Satya Lencana Wirakarya-Presiden RI Tahun 2003.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts