Ini Yang Bikin Driver Ojol 'Deg-Degan' Apabila Nadiem Makariem Jadi Menteri Jokowi
Nasional

Bergabungnya founder Gojek, Nadiem Makarim, ke Kebinet Kerja Jokowi-Ma'ruf ditentang oleh para pengemudi ojek online (ojol) yang tergabung dalam Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia.

WowKeren - Salah satu tokoh yang dikabarkan akan menduduki jabatan di Kabinet Kerja Joko Widodo-Ma'ruf Amin adalah founder Gojek, Nadiem Makarim. Meski demikian, hal ini justru ditentang oleh sebagian pengemudi ojek online alias ojol yang tergabung dalam Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia.

Menurut Ketua Presidium Nasional Garda Indonesia, Igun Wicaksono, penunjukkan Nadiem sebagai Menteri adalah ancaman tersendiri bagi para pengemudi ojol. Pasalnya, mereka khawatir saat Nadiem menjabat sebagai Menteri, mantan CEO Gojek tersebut justru akan membuat kebijakan yang menguntungkan perusahaan swasta saja.

Regulasi yang akan dikeluarkan oleh Nadiem dikhawatirkan tidak berpihak kepada pegawai dan kaum buruh, dalam kasus ini adalah para pengemudi ojol. Pasalnya, Nadiem dinilai sudah menerapkan hal tersebut selama menjabat di Gojek.

"Kami khawatir aturan-aturan yang dibuat pemerintah lebih pro kepada perusahaan aplikasi dibandingkan terhadap para driver ojol," terang Igun dilansir Kompas.com pada Selasa (22/10). "Sekarang pun selama memegang aplikasi dia lebih pro dong kepada korporasinya."


Pengemudi ojol sendiri sudah kerap menggelar aksi protes kepada perusahaan Gojek lantaran dinilai kurang menyejahterakan para mitranya. Rekam jejak itulah yang membuat pihak Igun menolak Nadiem ditunjuk sebagai Menteri.

Igun mengaku pihaknya akan melakukan unjuk rasa secara serentak di beberapa kota di Indonesia apabila Nadiem resmi diangkat sebagai Menteri. Kota tersebut meliputi umatera Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan beberapa tempat di pulau Jawa termasuk DKI Jakarta.

"Kalau di Jakarta kemungkinan di Istana Negara," ungkap Igun. "Namun ada berbagai titik nanti, jadi belum final, kita masih komunikasi kapan pelaksanaan unrasnya."

Di sisi lain, tidak semua komunitas ojol menolak Nadiem sebagai Menteri. Ketua Forum Komunitas Driver Online Indonesia (FKDOI) Cang Rahman misalnya, mengaku bangga dengan adanya representasi keluarga besar transportasi online yang dipanggil ke Istana Negara, apalagi jika benar menjadi Menteri.

"Kita pro Pak Nadiem jika jadi menteri di kabinet Jokowi dan Ma'ruf Amin," ujar Cang Rahman dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/10). "Sosok yang bisa diperhitungkan dalam membangun indonesia ke depan."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait