Sempat Punya Gangguan Pita Suara, Begini Tips Daniel Mananta Untuk Raffi Ahmad Yang Alami Hal Serupa
Instagram/vjdaniel
Selebriti

Daniel Mananta pernah memiliki tumor jinak hingga harus operasi pita suara beberapa tahun lalu. Raffi Ahmad yang mempunyai masalah yang sama, diberi saran oleh Daniel.

WowKeren - Beberapa tahun lalu, Daniel Mananta sempat kehilangan suara karena memiliki tumor jinak di tenggorokannya. Hal tersebut membuat Daniel terpaksa melakukan operasi pita suara di tahun 2012. Ia juga harus menunggu dua bulan sebelum suaranya pulih.

Sakit yang dialami Daniel itu sempat membuatnya depresi. Meski demikian, ia telah kembali berjuang dari sakitnya dan mulai mengerjakan pekerjaan baru sebagai produser film.

Untuk diketahui sakit yang diderita Daniel kala itu mirip seperti sakit yang dialami oleh Raffi Ahmad saat ini. Daniel mengaku ia sempat berbagi pengalaman dengan Raffi soal penyakit itu.

"Gue pernah sharing banget ngasih tahu dia (Raffi) ke dokter suara, terapi ini," ujar Daniel saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (22/10) seperti dilansir dari DetikHot. "Gue bersyukur di antara para presenter kayak misal sama Omesh (Ananda Omesh), Raffi, kita saling menyemangati. Begitu dapat dokter bagus lu ke sini deh kayak gitu."


Pemain fim "A Man Called Ahok" ini juga memberi tips-tips selama proses penyembuhan. Dimulai dari kesembuhan mulut, mental hingga fisik, Daniel yakin penyakit yang dialami Raffi bisa sembuh seperti dirinya.

"Yang gue alami saat itu bukan kesembuhan mulut dulu, tapi kesembuhan mental gue. Habis itu kesembuhan fisik," sambung Daniel. "Kalau nanti sampai kejadian itu lagi, gue nggak akan sampai sedepresi itu."

Seperti diketahui, Raffi memang memutuskan untuk vakum sejenak dari dunia hiburan untuk berlibur ke luar negeri sekaligus menjalani pengobatan. Melalui postingan dalam akun Instagram pada hari ini, Rabu (23/10), Raffi memboyong Nagita, Rafathar dan kru Rans terlebih dulu pulang ke kampung halaman di Bandung sebelum keluar negeri berlibur serta berobat.

"Sejenak karena memang belakangan ini aku ada gangguan kesehatan terutama di pita suara dan sudah berobat juga ujung-ujungnya disuruh istirahat," kata Raffi beberapa waktu lalu. "Ada beberapa opsi, saya kalau istrahat full sudah, ini saya sudah terlalu lama dan saya nggak mau gimana-gimana mau istirahat aja."

(wk/tria)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru