Sutradara Ken Loach Sebut Film Marvel Membosankan dan Mirip Makanan Cepat Saji
Getty Images/Carlos Alvarez
Film

Mendukung pernyataan Martin Scorsese dan Francis Ford Coppola yang lebih dulu mengkritik film-film MCU, Ken Loach tak segan menyebut Marvel hanya mengejar keuntungan saja daripada seni.

WowKeren - Bukan rahasia lagi kalau belakangan ini nama sutradara kondang Martin Scorsese maupun Francis Ford Coppola cukup santer jadi bahasan hangat di kalangan publik. Dua sutradara kondang ini menjadi buah bibir karena pernyataan kontroversialnya yang tak segan mengkritik film-film Marvel Studios.

Hal ini tentunya membuat Martin maupun Coppola menuai beragam respons dari para penikmat film. Bahkan kedua sutradara yang sudah malang melintang di industri film dunia ini langsung mendapatkan beragam komentar negatif atas pernyataan kontroversialnya tersebut.


Namun seakan tak berkaca dari kontroversi ini, kini sutradara kondang lainnya, Ken Loach, dengan tegas turut menyerukan hal serupa. Pasalnya sutradara asal Inggris ini bergabung dengan Martin dan Coppola untuk memberikan kritik tajam pada film-film Marvel Studios.

Sutradara pemenang Cannes Film Festival ini berbicara pada Sky News bahwa dirinya merasa film superhero Marvel terasa membosankan dan tidak ada hubungannya dengan seni perfilman. Bahkan parahnya, Ken Loach juga membandingkan film-film Marvel dengan junk food alias makanan cepat saji. Sutradara "I, Daniel Blake" ini menyebut Marvel hanya mengejar keuntungan saja daripada seni.

"Mereka (film-film Marvel) dibuat sebagai komoditas seperti hamburger, dan ini bukan tentang berkomunikasi dan ini bukan tentang berbagi imajinasi kita," tuturnya. "Ini tentang membuat komoditas yang akan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan besar."

"Itu hanya latihan pemasaran dan tidak ada hubungannya dengan seni perfilman. William Blake mengatakan, 'Ketika uang berbicara, seni tak ada artinya'," sindirnya.

Di sisi lain, sebelumnya Francis Ford Coppola juga menyebut kalau Marvel Studios cuma bisa memproduksi film-film hina dan tercela saja kala mengungkapkan pendapatnya soal kritik Martin Scorsese pada Marvel.

"Ketika Martin Scorsese mengatakan bahwa film-film Marvel bukanlah sebuah karya film," tutur Coppola. "Aku tidak tahu bahwa ada yang menonton film yang sama berulang-ulang, Martin masih berbaik hati ketika dia mengatakan itu bukanlah karya film. Dia tidak mengatakan jika film-film itu hina, seperti yang baru saja aku katakan."

Sedangkan Martin Scorsese lebih dulu mengkritik film-film besutan Marvel Studios dengan terang-terangan dalam sebuah wawancara. Sutradara kawakan tersebut mengaku tak mau menonton film-film Marvel karena menurutnya tak layak tayang di bioskop akibat tak memberikan pesan moral pada penonton, bahkan menyamakannya dengan wahana hiburan alias taman bermain.

"Aku tidak melihatnya (film Marvel). Aku mencoba, tapi itu bukan film bioskop. Jujur saja, hal yang bisa aku pikirkan tentang mereka (adalah), sebagus apapun film itu dibuat atau sekeras apapun usaha para aktor yang berperan di dalamnya, itu semua hanyalah taman hiburan. Itu bukan film bioskop di mana seseorang mencoba menyampaikan pengalaman emosional dan psikologis kepada orang lain," terang Martin.

You can share this post!

Related Posts
Loading...