Intip Keindahan 10 Destinasi Wisata Proyek 'Bali Baru' Yang Jadi PR Menteri Wishnutama
Travel

Program 'Bali Baru' merupakan program pemerintah untuk mengembangkan 10 destinasi wisata prioritas guna mendongkrak pemerataan pariwisata Indonesia dan menciptakan lapangan kerja.

WowKeren - Presiden Joko Widodo baru saja mengumumkan nama-nama menteri yang tergabung dalam Kabinet Kerja Jilid 2 periode 2019-2024. Wishnutama resmi ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Saat pengumuman nama-nama menteri dalam Kabinet Indonesia Maju, Jokowi menyebut tugas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif adalah mengurus 10 destinasi wisata baru dalam program bernama "Bali Baru".


Program "Bali Baru" ini merupakan program pemerintah untuk mengembangkan 10 destinasi wisata prioritas guna mendongkrak pemerataan pariwisata Indonesia. Pengembangan "Bali Baru" juga diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja di 10 destinasi wisata prioritas.

Penggunaan istilah "10 Bali Baru" lebih untuk memberi tekanan agar performa masing-masing destinasi wisata itu seperti layaknya Bali. Seperti yang diketahui, Pulau Dewata tersebut dalam setahun mampu mendatangkan kira-kira 4 juta wisatawan mancanegara dan dari tahun ke tahun naik signifikan.

Nah penasaran apa saja 10 destinasi wisata yang digadang-gadang bakal populer seperti Bali dan jadi PR utama untuk menteri Wishnutama? Yuk intip keindahannya berikut!

(wk/putr)

1. Candi Borobudur


Candi Borobudur

Candi Borobudur tertelak di tempat yang strategis dengan diapit oleh beberapa gunung seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Pegunungan Menoreh. Candi Borobudur di kelilingi dua sungai yaitu Sungai Progo dan Elo. Selain itu yang unik adalah tumpukan batu yang menyusun Candi Borobudur terbuat dari balok vulkanik yang disusun tanpa bahan perekat. Jika ditotal, jumlah relief Borobudur berjumlah 2672 dari 1212 relief dekoratif dan 1460 relief kisah.

2. Pulau Belitung


Pulau Belitung

Pulau Belitung merupakan penghasil batu Satam Hitam satu-satunya di dunia. Batu ini terbentuk dari proses alam atas reaksi tabrakan meteor dengan lapisan bumi yang mengandung timah jutaan tahun lalu. Selain itu, Pulau Belitung juga merupakan pulau penghasil timah terbesar di Indonesia. Pulau ini juga menyimpan banyak destinasi wisata pantai indah yang cocok banget dijadikan obyek wisata internasional.

3. Gunung Bromo


Gunung Bromo

Salah satu tempat paling terkenal di Gunung Bromo adalah puncak B29 Lumajang. Di B29, para wisatawan bisa mendaki ke puncak dan mendapatkan pemandangan Gunung Bromo dari sisi yang berbeda. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke B29 adalah ketika menjelang matahari terbit ketika komposisi warna yang ditampilkan sangat menarik.

4. Labuan Bajo


Labuan Bajo

Di Labuan Bajo ini terdapat Pantai Pink yang hanya ada 8 di dunia. Pantai ini memiliki gradasi warna pink dari pasir pantai dan laut yang berwarna biru. Selain itu, ada puluhan destinasi wisata yang epic dan bertaraf internasional seperti Tanaman Nasional Komodo, Pantai Pede, Pantai Gorontalo,Gua Batu Cermin, Pulau Bidadari, Kanawa, Pulau Wae Lulu, hingga Puncak Waringin.

5. Danau Toba


Danau Toba

Danau Toba adalah danau vulkanik yang terletak di Sumatera Utara dan merupakan yang terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Rencananya, pemerintah akan membangun Taman Bunga Nusantara di kawasan Danau Toba di area seluas 150-200 hektar supaya semakin banyak wisatawan yang datang ke tempat ini.

6. Kepulauan Seribu


Kepulauan Seribu

Seperti namanya, Kepulauan Seribu ternyata punya ratusan gugus pulau. Kepulauan yang masuk dalam wilayah administrasi Jakarta ini merupakan bagian dari taman nasional Kepulauan Seribu (TNKpS). Terdapat empat ekosistem utama pembentuk sistem ekologis kawasan TNKpS yakni hutan pantai, hutan mangrove, padang lamun dan terumbu karang.

7. Kawasan Mandalika


Kawasan Mandalika

Mandalika adalah sebuah daerah di Lombok yang menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Nantinya, Mandalika akan diubah menjadi layaknya Nusa Dua Bali yang diperkuat dengan adanya beragam pantai Indah di Mandalika yang mirip Bali, seperti Pantai Gepuruk, Serenting, Pantai Tanjung, hingga Pantai Aan.

8. Kepulauan Wakatobi


Kepulauan Wakatobi

Keindahan Wakatobi pernah masuk dalam Ajang Pameran Pariwisata Terbesar ITB Berlin (Internationale Tourismus-Börse Berlin) yang merupakan pasar pariwisata terbesar yang diikuti oleh berbagai perusahaan pariwisata di dunia. Di perairan laut Wakatobi, setidaknya ada 5 jenis paus yang hidup di dalamnya yaitu Beaked Whale, Pilot Whale, Sperm Whale, Bryde’s Whale dan Melonhead Whale. Enggah hanya itu, Wakatobi juga terdapat 6 jenis lumba-lumba yang hidup di perairannya.

9. Tanjung Lesung


Tanjung Lesung

Kawasan Tanjung Lesung memiliki kekayaan hayati berkat letusan Krakatau yang terjadi lebih dari seabad lalu. Para ilmuwan dari seluruh dunia sering datang untuk melakukan penelitian tentang kekayaan vulkanik pantai Jawa Barat dan sekitarnya yang masih alami. Kawasan pantai Tanjung Lesung memiliki luas sekitar 15 hektare yang bisa dieksplor untuk berbagai aktifitas outdoor, baik yang berbayar ataupun yang gratis.

10. Daerah Morotai


Daerah Morotai

Daratan hingga dasar perairan di Morotai menguak sebuah bukti Perang Dunia II yang menyimpan bangunan fisik dan sisa-sisa peralatan perang yang pernah terjadi di sana. Sejarah yang paling populer adalah “Battle of Morotai” yang merupakan perang antara Amerika Serkat dengan Jepang. Perang tersebut akhirnya menyisakan pangkalan militer laut dan udara di dekat Daruba, Ibu kota kabupaten Morotai yang dibangun pada September 1944.

Selain itu, intip juga rekomendasi destinasi wisata di indonesia yang jadi favorit turis asing di sini. Simak juga beberapa obyek wisata Indonesia yang ternyata mirip dengan luar negeri di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru