Praktisi Pariwisata Kaget Saat Tahu Wishnutama Jadi Menteri
Instagram
Nasional

Praktisi dan pemerhati pariwisata asal Bali, Puspa Negara mengatakan bahwa terpilihnya Wishnutama adalah kejutan bagi industri pariwisata. Hal ini karena Wishnutama merupakan orang baru di industri pariwisata.

WowKeren - Presiden Joko Widodo telah resmi melantik Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pemilihan pendiri NET tersebut tentunya menjadi angin segar karena Wishnutama merupakan wakil bagi para generasi milenial.

Merespon hal tersebut, seorang praktisi dan pemerhati pariwisata asal Bali, Puspa Negara menyebutkan bahwa terpilihnya Wishnutama merupakan kejutan bagi industri pariwisata. Hal ini karena Wishnutama merupakan 'nama baru' di industri pariwisata.

"Kita sebagai pelaku wisata tentu sangat kaget, karena ada banyak prakitisi dan pelaku wisata di Indonesia tetapi tidak dipilih Presiden Jokowi," tutur Puspa yang dilansir Detik pada Rabu (23/10). "Namun tentu, keputusan Presiden Jokowi harus kita apresiasi karena itu yang terbaik untuk Indonesia."

Menurut Puspa, pengusaha tersohor entertainment itu akan menjadi pembeda dan angin segar untuk industri ekonomi kreatif. Hal ini karena sektor pariwisata juga tidak berbeda jauh dengan dunia entertainment. "Sebenarnya pariwisata juga tidak jauh berbeda dari dunia entertainment. Saya rasa, Wishnutama bisa jadi sosok public relation yang kuat untuk pariwisata Indonesia dan industri kreatif," terangnya.


Hal senada juga diungkapkan oleh Taufan Rahmadi yang merupakan tokoh muda pariwisata. Taufan mengaku bahwa dirinya menantikan peran Wishnutama di sektor pariwisata. "Hadirnya Wishnutama bisa jadi akselerasi gelombang baru, bagaimana nantinya pariwisata dan ekonomi kreatif disajikan, dikelola, dan dipromosikan di dalam negeri dan mancanegara," katanya.

Taufan juga menilai jika Wishnutama bisa memperkuat digital tourism atau pariwisata digital, terutama untuk mempromosikan pariwisata. "Digital Tourism itu sudah jadi backbone pariwisata. Selain dari sisi promosi, ada juga tantangan-tantangan di sana," ujarnya.

Sementara itu, Wishnutama sendiri pernah menjadi tim sukses Jokowi-Ma'ruf Amin untuk bidang kreatif saat kampanye. Ia juga pernah meminta Jokowi beraksi agak ekstrem menggunakan motor di acara pembukaan Asian Games 2018. Namun, Jokowi tak benar-benar melakukan aksi tersebut karena diperankan oleh stuntman.

Sebelumnya, saat diwawancarai mengenai kemungkinan dirinya masuk kabinet, Wishnu mengaku bahwa dirinya tak pernah berangan-angan untuk menjadi menteri. Karena itu, ia tak ingin membahas hal tersebut. "Saya enggak punya cita-cita jadi menteri. Passion saya (Anda) tahu, kira-kira apa. Enggak usah saya jelaskan," ujar Wishnu yang dilansir Kompas pada akhir Juli lalu.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru