KKP Terkenal Sering 'Tenggelamkan Kapal', Begini Kata Menteri Edhy Prabowo
Nasional
Tagar WeWantSUSI Viral

Penenggelaman kapal illegal fishing tampaknya sudah menjadi trademark dari Kementerian KP selama dipimpin Susi Pudjiastuti. Edhy Prabowo pun angkat bicara soal kebijakan tersebut.

WowKeren - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo telah resmi menduduki jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan. Edhy pun praktis langsung dikaitkan dengan Susi Pudjiastuti yang sudah memimpin Kementerian KP selama lima tahun belakangan dengan sangat gemilang.

Salah satu aktivitas yang paling kerap dilakukan oleh KKP adalah penenggelaman kapal asing yang kedapatan mencuri ikan di lautan Indonesia. Kebijakan "tenggelamkan kapal" ini selalu melekat dengan sosok Susi dan KKP.


Menteri Edhy pun buka suara soal ini. Edhy mengaku akan meneruskan kebijakan-kebijakan dari periode sebelumnya yang sudah baik, termasuk penenggelaman kapal. Namun demikian, ia akan tetap mencermati seluruh masukan yang ada terkait kebijakan tersebut.

"Penenggelaman kapal itu kan, saya pikir, selama itu baik, kita teruskan," jelasnya usai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10). "Tapi, jangan asal menenggelamkan. Karena ada masukan kita harus lihat semua."

Edhy lantas menegaskan bahwa pihaknya tak pernah melarang penenggelaman kapal. Kendati demikian, ujarnya menekankan, penenggelaman kapal tidak boleh dilakukan dengan motivasi sekadar mencari sensasi. Penenggelaman kapal seyogyanya menjadi jalan keluar dari permasalahan illegal fishing yang marak di Indonesia.

"Ya kita kan tidak pernah melarang," terang Edhy, dilansir Okezone. "Tapi harus kita ingat juga jangan asal menenggelamkan."

"(Penenggelaman kapal) bukan untuk mencari sensasi. Kita mau cari jalan keluar," imbuhnya. "Saya mengawasi selama (menjadi) Ketua Komisi IV (DPR RI) dan saya lihat kebijakannya sangat bagus."

Di sisi lain, Susi telah resmi menyerahkan tampuk kepemimpinan KKP ke tangan Edhy. Lewat sebuah proses serah terima jabatan yang digelar hari ini, Rabu (23/10), Susi pun menegaskan bahwa "penerusnya" tersebut merupakan figur yang sudah sangat paham soal kelautan dan perikanan.

Keyakinannya pun turut ia sampaikan lewat cuitannya. Ia meyakini, di tangan Edhy, sektor kelautan dan perikanan Indonesia akan lebih mentereng.

You can share this post!

Related Posts
Loading...