Wapres Ma'ruf Amin Kembali Kenakan Sarungnya di Sidang Kabinet Perdana
Nasional

Sebelumnya, Ma'ruf Amin memang sempat menanggalkan sarung yang sudah menjadi ciri khasnya di hari pelantikan dan juga hari perdananya bertugas di Kantor Wakil Presiden.

WowKeren - Presiden Joko Widodo baru saja melantik jajaran Menteri di Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (23/10). Hari ini (24/10), Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin langsung menggelar Sidang Kabinet Paripurna perdana di Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Ma'ruf tampak kembali mengenakan sarung, lengkap dengan jas hitam, syal putih, dan peci hitam. Sebelumnya, Ma'ruf memang sempat menanggalkan sarung yang sudah menjadi ciri khasnya di hari pelantikan dan juga hari perdananya bertugas di Kantor Wapres.

Sementara itu, sang Presiden tampak mengenakan kemeja putih berlengan panjang. Sebagian besar Menteri Kabinet Indonesia Maju juga mengenakan pakaian yang senada dengan sang Presiden. Beberapa Menteri yang mengenakan kemeja putih di antaranya adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Whisnutama.

Di sisi lain, Ma'ruf bergabung dengan Jokowi untuk memimpin sidang kabinet perdana setelah memberikan arahan kepada stafnya di Kantor Wapres. Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) non-aktif tersebut berangkat ke Istana Merdeka didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres, Mohammad Oemar, dengan mengendarai mobil buggy.


Sidang kabinet perdana tersebut dimulai pada pukul 10.00 WIB. Presiden Jokowi menyampaikan sejumlah hal terkait apa saja yang harus dikerjakan oleh jajaran kabinetnya selama 5 tahun ke depan.

Selain itu, Jokowi kembali mengingatkan bahwa tidak ada yang namanya visi misi Menteri. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menegaskan bahwa para Menteri harus mengikuti visi misi Presiden dan Wakil Presiden dalam menyusun kebijakan serta keputusan.

"Bahwa tidak ada visi misi Menteri, yang ada adalah visi misi Presiden dan Wakil Presiden," tutur Jokowi dalam sidang kabinet perdana. " Tolong dicatat. Karena dalam lima tahun lalu, ada 1, 2, 3 Menteri yang masih belum paham."

Sidang perdana tersebut berlangsung sekitar 2 jam dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Setelah sidang berakhir, para Menteri tampak berbaur dengan Jokowi dan juga Ma'ruf.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait