Intip 7 Destinasi Wisata Tersembunyi di Indonesia Yang Punya Pemandangan Tak Kalah Menakjubkan
Travel

Selain 10 wisata dalam program 'Bali Baru', Indonesia juga memiliki banyak tempat wisata tersembunyi yang memiliki pemandangan luar biasa yang masih jarang diketahui publik.

WowKeren - Jika menyebutkan destinasi wisata di Indonesia, banyak orang pasti akan menyebutkan Bali. Namun di Indonesia sendiri banyak sekali tempat wisata yang layak untuk dijadikan tempat wisata loh. Destinasi ini enggak kalah menarik dan menakjubkannya dengan Bali.

Oleh karena itu, pihak pemerintah telah lama menjalankan program wisata bernama "10 Bali Baru". Program ini merupakan program pemerintah untuk mengembangkan 10 destinasi wisata prioritas guna mendongkrak pemerataan pariwisata Indonesia.


Pengembangan "Bali Baru" juga diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja di 10 destinasi wisata prioritas. Penggunaan istilah "10 Bali Baru" lebih untuk memberi tekanan agar performa masing-masing destinasi wisata itu seperti layaknya Bali.

Selain 10 wisata dalam program "Bali Baru" tersebut, Indonesia juga memiliki banyak tempat wisata tersembunyi yang memiliki pemandangan luar biasa. Beberapa tempat wisata ini masih jarang diketahui publik meski menyimpan keindahan yang menakjubkan.

Penasaran apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 destinasi wisata tersembunyi di Indonesia. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Nikmati Sensasi Wisata Eksotis di Air Terjun Madakaripura


Nikmati Sensasi Wisata Eksotis di Air Terjun Madakaripura

Belum banyak yang mengetahui membuat Air Terjun Madakaripura menjadi tempat wisata yang terlihat belum terjamah di Indonesia. Dalam air terjun ini para pengunjung akan merasakan sensasi nuansa alam dengan pemandangan air terjun yang menjulang tinggi di antara tebing-tebing. Air tersebut jatuh dari tebing yang sangat tinggi hingga seakan membentuk tirai yang membentuk pemandangan eksotis.

Tempat wisata Indonesia yang belum terjamah ini terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun juga merupakan air terjun abadi, karena aliran airnya yang tidak pernah berhenti, bahkan saat musim kemarau sekalipun. Selain itu, air terjun dengan ketinggian 200 meter ini juga merupakan air terjun tertinggi Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia loh.

2. Pantai Ora Yang Secantik Pantai Tropis Negara Lainnya


Pantai Ora Yang Secantik Pantai Tropis Negara Lainnya

Jika membahas soal Indonesia bagian timur, tak lengkap jika tak membahas tentang keindahan alamnya. Salah satu bagian Indonesia yang memiliki segudang destinasi wisata alam yang menakjubkan adalah Maluku. Tepatnya di Maluku Tengah terdapat Pantai Ora dengan keindahannya yang mampu bersanding dengan pantai indah lainnya di dunia, seperti Pantai Bora-Bora di Samudera Pasifik atau Pantai Boracay di Filipina.

Pantai Ora dihiasi dengan air laut yang jernih dan terumbu karang kokoh yang menjulang ke langit. Jangan lewatkan untuk mengintip pemandangan bawah laut dengan menyelam di pantainya. Pantai ini memiliki pemandangan bawah laut yang tidak akan terlupakan dengan terumbu karang atau koral dan ikan-ikan yang beraneka ragam. Semuanya bisa kalian lihat dengan kasat mata karena airnya yang biru dan jernih.

3. Meru Betiri Tempat Wisata Yang Jarang Diketahui di Banyuwangi


Meru Betiri Tempat Wisata Yang Jarang Diketahui di Banyuwangi

Meru Betiri merupakan hutan tropis yang paling memukau di Banyuwanyi, Pulau Jawa dengan beragam ekosistem mangrove, hutan rawa, dan hutan hujan dataran rendah. Di hutan tersebut, para pengunjung dapat menemukan beragam tumbuhan langka seperti rengas, bendo, api-api, raflesia dan lainnya.

Satwa liar pun juga bisa kamu temukan di sini, mulai dari bajing terbang ekor merah, macan tutul, kura-kura, penyu, dan kumbang hitam. Selain itu, pengunjung juga akan disuguhi dengan indahnya pantai Sukamade, pantai Rajegwesi serta Teluk Hijau. Jika berencana untuk berkujnung, sebaiknya datang pada saat musim kemarau berlangsung. Hindari datang saat musim hujan karena akses jalannya sering banjir.

4. Tantang Adrenalin Dengan Berkunjung Di Goa Jomblang


Tantang Adrenalin Dengan Berkunjung Di Goa Jomblang

Goa Jomblang ini terletak di Jogjakarta. Di sini para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hutan purba dan sungai bawah tanah. Namun, untuk masuk kedalamnya, dibutuhkan nyali yang cukup besar karena goa setinggi 60 meter ini memiliki medan yang cukup menantang. Untuk bisa mencapai ke dasar goa, para pengunjung wajib didampingi dengan penelusur goa yang berpengalaman.

Di dasar goa, kalian dapat melihat pemandangan indah seperti perbukitan karst dan pohon jati yang meranggas. Goa Jomblang ini juga pernah dijadikan tempat pengambilan gambar acara "Amazing Race Amerika" pada tahun 2011 dan disebut sebagai surga tersembunyi di Indonesia.

5. Danau Kaco Yang Memiliki Air Yang Super Jernih


Danau Kaco Yang Memiliki Air Yang Super Jernih

Jika kalian membutuhkan tempat refreshing yang indah sekaligus menenangkan, destinasi wisata tersembunyi satu ini bisa jadi pilihan liburanmu. Danau Kaco berada di Kabupaten Kerinci, Jambi dan merupakan danau berwarna kebiruan dan sangat jernih layaknya kaca

Berada persis di kaki Gunung Batuah dan merupakan kawasan dataran tinggi, destinasi wisata Indonesia yang belum banyak diketahui ini menawarkan panorama alam yang indah dengan udara segar dan juga menyejukkan. Keindahan paling maksimal dari danau tersembunyi satu ini adalah ketika Danau Kaco disinari sinar bulan Purnama.

6. Taman Laut Olele Gorontalo Yang Cocok Banget Untuk Wisata Menyelam


Taman Laut Olele Gorontalo Yang Cocok Banget Untuk Wisata Menyelam

Taman laut yang satu ini berlokasi di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Pantai Olele ini sangat dekat dengan permukiman warga namun tidak membuat perairan di sekitarnya tercemar. Airnya masih memilikikejernihan yang bagus, terumbu karangnya pun masih padat dan terjaga dengan baik.

Hal ini membuktikan bahwa warga sekitar masih peduli dan mengerti begitu berpotensinya kekayaan yang ada di daerah mereka. Di taman laut ini para pengunjung akan dimanjakan dengan karang yang warna-warni dengan bentuk yang beragam. Tempat ini sangat cocok untuk bersnorkeling karena perairannya cukup tenang dan berada di sebuah teluk, yakni Teluk Tomini.

7. Teluk Kiluan Yang Terkenal Dengan Lumba-lumbanya


Teluk Kiluan Yang Terkenal Dengan Lumba-lumbanya

Jika kalian sedang mencari tempat wisata di Lampung, cobalah untuk mampir di Teluk Kiluan ini. Teluk ini memiliki reputasi sebagai tujuan observasi lumba-lumba di alam lepas telah menyebar dari mulut ke mulut di kalangan turis mancanegara. Kiluan pun kini menjadi salah satu tujuan wisata populer di kalangan backpacker.

Keberadaan objek wisata dengan rute yang cukup ekstrim ini pun mengundang rasa penasaran para pemburu eksotisme alam yang mencari pengalaman wisata yang berbeda. Salah satu hal yang menarik dari pariwisata di Teluk Kiluan adalah peran serta masyarakat setempat yang amat dominan. Sebagian besar warga setempat menyediakan rumahnya sebagai homestay bagi para wisatawan yang datang ke Kiluan.

Selain itu, intip juga yuk beberapa wisata unik bekas galian tambang Indonesia di sini. Intip juga tempat wisata yang jadi ikon kota di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait