Mahfud MD Tak Yakin Soal Kabar Prabowo Yang Pernah Dilarang Masuk AS
Nasional

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sempat dikabarkan tidak diijinkan untuk berkunjung ke Amerika Serikat. Akan tetapi, Menkopolhukam Mahfud MD merasa tak yakin akan kebenaran kabar tersebut.

WowKeren - Terpilihnya Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan menuai kontroversi lantaran ia diduga terlibat dalam kasus pelanggaran HAM di masa lalu. Selain itu, Ketua Umum Partai Gerindra itu pun dikabarkan menjadi daftar hitam Amerika Serikat sehingga tidak diperbolehkan untuk berkunjung ke negeri itu.

Akan tetapi, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengisyaratkan bahwa dirinya tak yakin jika ada larangan tersebut. "Apa ada larangan itu? Saya tidak tahu apa itu betul-betul ada, apa tidak," kata Mahfud di Kantor Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia (UII) Jalan Cik Ditiro No 1 Kota Yogyakarta pada Senin (28/10).

Meskipun Menhan merupakan salah satu jabatan menteri yang berada di bawah koordinasinya, Mahfud juga belum berencana membahas isu tersebut. "Kita belum membahas itu (isu Prabowo yang pernah dilarang masuk ke AS), dan saya belum berpikir tentang itu," tuturnya yang dilansir Detik pada Senin (28/10).


Prabowo dikabarkan pernah dilarang masuk ke Amerika Serikat tahun 2000 lalu. Peristiwa itu terjadi saat Prabowo akan menghadiri upacara kelulusan putranya di salah satu universitas di Boston, Amerika Serikat.

Sementara itu, dalam wawancara Prabowo Subianto dengan Al Jazeera pada tahun 2013, Prabowo Subianto menegaskan ia menolak jika dikaitkan dengan perencanaan kudeta di masa lalu. Ketika disinggung masalah larangan dirinya memasuki Amerika Serikat, Prabowo menyatakan bahwa Nelson Mandela juga masuk daftar hitam negara Amerika Serikat, sama seperti dirinya.

Prabowo kemudian menjelaskan bahwa banyak yang dilarang masuk ke Amerika karena Amerika berusaha untuk menghentikan pergerakan. Menurutnya, Amerika Serikat juga tahu bahwa dirinya tidak terlibat dalam segala kejahatan yang dituduhkan terhadapnya.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait