Jangan Asal Sebar, Intip 7 Tips Terhindar Dari Berita Hoax Agar Tak Terpancing
Tekno

Saking mudahnya mendapatkan informasi dan berita terkini, banyak sekali orang tak bertanggung jawab menyebarkan berita palsu yang merugikan. Berita palsu ini kerap disebut dengan berita hoax.

WowKeren - Di jaman teknologi saat ini, mendapatkan informasi sudah sangat mudah. Hampir semua platform media menyediakan berita dari semua kategori. Namun saking mudahnya mendapatkan informasi dan berita terkini, banyak sekali orang tak bertanggung jawab menyebarkan berita palsu yang merugikan.

Berita palsu ini kerap disebut dengan berita hoax. Secara harfiah hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Menurut KBBI, hoax atau hoaks mengandung makna berita bohong, berita tidak bersumber. Mengutip dari Silverman (2015), hoaks merupakan sebagai rangkaian informasi yang memang sengaja disesatkan, tetapi "dijual" sebagai kebenaran.


Hoax bukan sekadar misleading alias menyesatkan, informasi dalam berita tersebut juga tidak memiliki landasan faktual, tetapi disajikan seolah-olah sebagai serangkaian fakta. Karena sulit sekali membedakan mana berita asli dan hoax, banyak sekali orang terpengaruh dan dan langsung menyebarkannya.

Namun meski begitu, kita sebagai masyarakat harus ikut andil agar tak terpengaruh pada berita tersebut. Bagaimana caranya? Berikut tim WowKeren rangkum 7 cara menghindari berita hoax. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Waspadai Berita Dengan Judul Yang Provokatif


Waspadai Berita Dengan Judul Yang Provokatif

Saat membaca berita, hal pertama yang kalian baca pasti adalah judulnya. Nah hal tersebut bisa menjadi patokan apakah berita itu hoax atau bukan. Berita hoax seringkali menggunakan judul sensasional yang provokatif, misalnya dengan langsung menudingkan jari ke pihak tertentu.

Isinya bisa saja diambil dari berita media resmi, namun terkadang diubah-ubah agar menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki sang pembuat hoax. Oleh karenanya, apabila menjumpai berita dengan judul provokatif, sebaiknya kalian mencari referensi berupa berita serupa dari situs online resmi, kemudian bandingkan isinya.

2. Selalu Pastikan Jika Sumber Berita Tersebut Jelas


Selalu Pastikan Jika Sumber Berita Tersebut Jelas

Berita hoax dapat dengan cepat menyebar meski belum tentu pihak yang merilis terpercaya. Jika kalian mendapatkan berita dari sebuah artikel, coba perhatikan tautannya. Perhatikan apakah tautan tersebut berupa blog atau media berita asli. Terkadang banyak orang yang tak bertanggung jawab membuat berita bohong dengan menggunakan tautan yang mirip dengan media berita aslinya.

Dilansir dari Dewan Pers, di Indonesia sendiri saat ini terdapat lebih dari 43.000 situs yang mengklaim dirinya sebagai media berita. Namun, yang mengejutkan dari puluhan ribu situs tersebut yang sudah terverifikasi tak sampai 300. Artinya, ada kemungkinan banyak berita bohong yang bisa beredar.

3. Cek Kebenaran Fakta Berita Yang Kalian Dapat


Cek Kebenaran Fakta Berita Yang Kalian Dapat

Saat membaca berita, sebelum menyebarkannya, perhatikan dari mana berita berasal dan siapa sumbernya. Apakah berita tersebut benar-benar berasal dari institusi resmi seperti KPK atau Polri. Selain itu, kalian sebaiknya jangan cepat percaya jika mendapatkan informasi yang berasal dari pegiat ormas, tokoh politik, atau pengamat.

Perhatikan keberimbangan sumber berita tersebut. Jika hanya ada satu sumber, pembaca tidak bisa mendapatkan gambaran yang utuh. Hal lain yang perlu diamati adalah perbedaan antara berita yang dibuat berdasarkan fakta dan opini. Fakta adalah peristiwa yang terjadi dengan kesaksian dan bukti, sementara opini adalah pendapat dan kesan dari penulis berita sehingga memiliki kecenderungan untuk bersifat subyektif.

4. Perhatikan Keaslian Foto Apakah Ada Yang Diedit Atau Tidak


Perhatikan Keaslian Foto Apakah Ada Yang Diedit Atau Tidak

Biasanya para pembaca akan langsung percaya dengan foto dan video yang dilihat. Padahal bisa jadi foto atau video tersebut adalah editan. Meskipun sangat meyakinkan, jangan terlalu mudah percaya pada foto atau video yang dibagikan melalui media sosial. Perlu diketahui bahwa di era teknologi digital saat ini, bukan hanya konten berupa teks yang bisa dimanipulasi, melainkan juga konten lain berupa foto atau video.

Selain itu, foto dan video editan bisa jadi tidak bisa dibedakan lagi dengan foto atau video aslinya oleh orang awam karena keahlian para tukang edit. Cara untuk mengecek keaslian foto bisa dengan memanfaatkan mesin pencari Google, yakni dengan melakukan drag-and-drop ke kolom pencarian Google Images. Hasil pencarian akan menyajikan gambar-gambar serupa yang terdapat di internet sehingga bisa dibandingkan.

5. Pastikan Untuk Selalu Membaca Berita Hingga Tuntas


Pastikan Untuk Selalu Membaca Berita Hingga Tuntas

Saat mendapatkan berita, usahakan jangan menanggapinya hanya dari headline atau judul postingan saja. Kalian juga harus baca isi artikel atau beritanya sampai full. Hal ini nantinya bisa membuat kalian mengambil kesimpulan sendiri. Ini memang sering terjadi di mana minat baca masyarakat Indonesia memang masih minim.

Sehingga berita macam apapun itu pasti ya yang dibaca hanya headline-nya saja, padahal sekarang banyak media online yang terlalu "clickbait" dalam membuat judul postingan sehingga terkesan hoax. Bahkan banyak yang sengaja membuat judul berita agar banyak orang yang terprovokasi. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan baca berita hanya dari headlinya saja, tapi isi beritanya juga.

6. Ingat Untuk Jangan Buru-buru Menyebarkan Berita


Ingat Untuk Jangan Buru-buru Menyebarkan Berita

Alasan utama menyebarnya berita hoax adalah para masyarakat langsung menyebarkan berita tersebut tanpa dicek terlebih dahulu. Oleh karena itu, jangan asal share berita atau postingan yang sifatnya viral karena jika ternyata kebenaran berita tersebut tidak sepenuhnya benar, kalian juga bisa dianggap sebagai penyebar berita hoax.

Di era sosial media seperti sekarang ini, setiap orang cenderung ingin jadi sumber pertama yang menyebarkan berita dan inilah yang membuat pembaca tanpa pikir panjang langsung share berita yang diterima. Jadi, sebelum kalian putuskan untuk membagikan, ada baiknya untuk memastikan kebenarannya dulu ya.

7. Untuk Lebih Akurat, Coba Bandingkan Berita Dengan Media Lain


Untuk Lebih Akurat, Coba Bandingkan Berita Dengan Media Lain

Terakhir, jika kalian membaca sebuah berita dari sebuah sumber namun kamu kurang percaya dengan kebenaran berita itu, sebaiknya kalian membaca berita yang sama dari sumber yang lain. Tips cerdas agar terhindar dari berita hoax adalah dengan bijak mengambil keputusan atau kesimpulan dari berita itu sendiri.

Usai membaca berita yang sama di beberapa media lain, kalian bisa bandingkan apakah berita tersebut benar-benar dibuat dari fakta atau hanya dibuat-buat saja. Ini juga bisa membuat kalian lebih waspada untuk tidak mudah percaya pada satu orang atau media saja.

Intip juga kebiasaan sepele yang ternyata bisa merusak smarphone di sini. Simak juga beberapa tips untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait