Pihak Taylor Swift Buka Suara Soal Kasus Hak Cipta 'Shake It Off'
Bauer-Griffin
Musik

Sebelumnya, pelantun 'Lover' ini kembali terlibat dalam kasus hak cipta, di mana single 'Shake It Off' miliknya dianggap mencuri lirik dari lagu 'Playas Gon' Play' yang dirilis pada 2010 silam.

WowKeren - Taylor Swift kembali terlibat dalam kasus hak cipta. Single "Shake It Of" yang dirilis Taylor pada 2014 lalu dianggap mencuri lirik dari lagu "Playas Gon' Play", yang diluncurkan lebih dulu pada 2010.

Kasus ini sebenarnya sudah lama dihentikan oleh pihak pengadilan, tepatnya pada tahun 2018 lalu. Namun kini kasus tersebut kembali dibuka oleh Ninth Circuit Court of Appeals.

Awalnya, pelantun "Lover" ini digugat oleh Sean Hall dan Nate Butler selaku pencipta lagu "Playas Gon' Play" yang dibawakan oleh grup 3LW. "Kami senang karena pengadilan berpihak pada kami. Kami menolak untuk diam terhadap upaya untuk meniadakan karya kami seakan-akan lagu kami tak pernah ada," ujar Sean Hall dilansir Billboard pada Rabu (30/10).

Menanggapi hal ini, pihak kuasa hukum Taylor Swift pun rupanya tak mau tinggal diam dan buka suara. Mereka menampik pernyataan Sean Hall yang menyebut pengadilan mendukung pihak penggugat.


"Tuan Hall tidak benar, pengadilan tidak dengan suara bulat mendukung mereka. Pengadilan justru mengirim kembali kasus itu ke pengadilan yang lebih rendah untuk ditinjau lebih lanjut," ujar perwakilan pihak Taylor.

Di sisi lain, lirik "Shake It Off" yang dituding memplagiat adalah bagian chorus, yaitu "Cause the players gonna play, play, play, play, play/And the haters gonna hate, hate, hate, hate, hate/Baby, I’m just gonna shake, shake, shake, shake, shake/I shake it off, I shake it off."

Sean Hall dan Nate Butler mengklaim bahwa lirik itu mirip dengan chorus "Playas Gon' Play" yang berbunyi, "Playas, they gonna play/And haters, they gonna hate/Ballers, they gonna ball/Shot callers, they gonna call."

Menurut pihak Taylor, kata "Players" maupun "Haters" sudah umum digunakan dan bukan murni milik Hall dan Butler. "Kami yakin penulis sejati 'Shake It Off' akan menang lagi," tegasnya.

Kasus hak cipta dan plagiarisme lirik lagu "Shake It Off" ini sebenarnya telah dilaporkan sejak 2017. Hanya saja kasus itu dianggap selesai pada Februari 2018. Namun kasus tersebut kembali dibuka pada Senin (28/10) lalu.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru