Menteri Agama Imbau Imam Masjid Selipkan Pesan Anti Islam Radikal Di Setiap Doa
Nasional

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi meminta setiap imam masjid untuk mulai menyelipkan pesan-pesan anti Islam radikal dalam setiap doa yang dilantunkan.

WowKeren - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi memberikan salah satu cara untuk memerangi paham-paham Islam radikal. Fachrul Razi mengimbau para imam masjid untuk mulai menyelipkan pesan-pesan anti radikalisme dalam setiap doa yang dilantunkan bersama.

Fachrul menegaskan jika ajaran-ajaran Islam radikal merupakan ajaran yang sangat sesat. Menurutnya, imam masjid harus mulai melantunkan doa anti radikalisme dengan menggunakan bahasa Indonesia di setiap ibadah agar dimengerti oleh umat Islam. Fachrul juga mempersilahkan jika ada doa yang ingin disampaikan dengan menggunakan bahasa Arab.

Fachrul pun mencontohkan doa tersebut. "Misalnya gini, 'Ya Allah ya Tuhan kami, jauhkan kami ya Allah dari upaya-upaya untuk mengadu domba sesama kami, mengadu domba bangsa ini, untuk membawa Islam menjadi Islam yang sesat', dan lain-lain sebagainya itu dalam bahasa Indonesia," kata Fachrul dalam Lokakarya Peningkatan Peran dan Fungsi Imam Tetap Masjid di Hotel Best Western, Jakarta pada Rabu (30/10).

Menurut Mantan Wakil Panglima TNI ini, para imam memiliki peran penting untuk menjaga masjid dari kelompok-kelompok yang hendak menyebarkan radikalisme berbasis agama. Padahal peran masjid sendiri adalah sebagai pusat persatuan umat.


Lebih lanjut Fachrul mengingatkan para imam masjid jangan hanya melakukan tugas untuk memimpin ibadah saja. Imam masjid juga diharapkan dapat menjadi pemimpin umat yang berpartisipasi dalam melakukan pencegahan gerakana-gerakan yang mengancam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saudara-saudara diharapkan bukan hanya mengimami salat berjamaah lima waktu," ujar Fachrul. "Tapi sekaligus memiliki peran dan tanggung jawab menghidupkan dakwah Islam yang rahmatan lil alamin."

Paham-paham radikalisme di Indonesia ini sendiri disebutkan sudah mulai menjalar ke dalam dakwah-dakwah yang berada di masjid. Fachrul bahkan menyebutkan sudah banyak para pendakwah khususnya di agama Islam yang justru berusaha membodohi umat lewat dakwahnya.

"Kita ingin juga mencerdaskan umat. Jadi sering saya katakan kadang-kadang kalau umat dibikin bodoh, enggak suka, tinggalin," saran Fachrul. "Saya kadang-kadang suka marah."

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait