Perlu Evaluasi, Menkominfo Minta Pemangkasan Eselon Tak Buru-buru
Nasional

Menkominfo meminta agar pemangkasan eselon yang terjadi di kementeriannya tidak dilakukan dengan buru-buru. Pasalnya hal tersebut memerlukan evaluasi yang mendalam terlebih dahulu.

WowKeren - Presiden Joko Widodo melakukan pemangkasan eselon demi menyederhanakan birokrasi Indonesia. Pemangkasan eselon di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan dilakukan melalui evaluasi yang mendalam terlebih dahulu.

Untuk pemangkasan yang terjadi di Kominfo, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan ada dua opsi. Karena itu, dia menegaskan jika perubahan mendasar ini tidak boleh dilakukan terburu-buru.

"Apakah dengan memangkas eselon atau memisahkan yang namanya jabatan struktural dan jabatan fungsional itu harus didalami dengan benar," kata Johnny di Kantor Kominfo, Kamis (31/10). Ia juga mengatakan jika Kominfo mengatur banyak hal terkait telekomunikasi informasi komunikasi (TIK).

Oleh karena itu, Menkominfo tidak menginginkan agar perubahan Aparatur Sipil Negeri (ASN) untuk tak terburu-buru. "Apa lagi di sini terkait dengan pelayanan terhadap hak jutaan masyarakat yang terlibat di industri. yang punya telepon, berapa juta orang Indonesia yang punya internet, yang punya sosial media banyak sekali," kata Johnny.


Sebelumnya telah diberitakan jika Presiden Jokowi akan melakukan pemangkasan eselon besar-besaran guna menekan penyederhanaan birokrasi. Caranya yaitu dengan memangkas jumlah pejabat eselon di tiap kementerian, dari empat menjadi dua level saja.

Jokowi menilai prosedur birokrasi yang panjang harus dipotong. Dia ingin penyederhanaan birokrasi harus terus dilakukan besar-besaran.

"Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi," kata Jokowi dalam pidatonya seusai dilantik menjadi presiden, Minggu (20/10) lalu.

Rencana Jokowi tersebut rupanya ditindaklanjuti dengan sigap oleh Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo. "Ada 4 poin pidato Presiden Jokowi," kata Tjahjo di kantornya, Rabu (30/10). "Yang terutama soal eselonisasi harus disederhanakan mau dipangkas hanya jadi 2."

Ia menuturkan bahwa KemenPAN-RB akan menjadi pelopor yang melakukan komitmen dari Jokowi itu dan siap memangkas eselon III dan IV di lingkup Kementrian tersebut. "Kita ingin meningkatkan layanan target, eselonisasi itu paling lama 10 tahun dan saya mulai dari KemenPAN-RB yang bulan ini eselon III dan IV saya pangkas," lanjut mantan Menteri Dalam Negeri tersebut. "Kalau minta Kementerian/Lembaga itu dimulai dari KemenPAN-RB untuk jadi contoh."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru