Lumer di Mulut hingga Bikin Ngiler, Ini 8 Makanan Olahan Durian yang Super Lezat
Kuliner

Saat ini ada banyak sekali makanan olahan durian dengan rasa yang super nikmat dan menggugah, seperti 8 kudapan berikut ini. Bagi pecinta durian atau siapapun yang penasaran, harus tahu informasi berikut ini.

WowKeren - Durian dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki rasa super lezat. Buah dengan aroma yang menyengat ini biasanya disantap langsung dalam keadaan segar bersama dengan orang-orang terdekat.

Kenikmatan rasa durian ini dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan di kalangan usahawan. Sebab nyatanya durian telah disulap menjadi berbagai jenis makanan ringan yang super nikmat.


Di beberapa daerah makanan olahan durian bahkan jadi kuliner yang sangat populer dan memiliki banyak penggemar. Hal ini disebabkan karena rasa manis dan teksturnya yang meleleh di mulut membuat kudapan berbahan durian terasa sangat lezat.

Bagi kamu pecinta durian, wajib banget untuk mencicipi delapan makanan olahan durian seperti berikut ini. Jangan sampai menyesal dan langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Sudah Pernah Coba Pancake Durian? Rasanya Lezat Banget Loh


Sudah Pernah Coba Pancake Durian? Rasanya Lezat Banget Loh

Pancake durian adalah salah satu makanan olahan durian yang paling terkenal. Kudapan satu ini merupakan oleh-oleh yang wajib kamu bawa pulang saat berkunjung ke Medan. Bentuk pancake durian sendiri lebih mirip dengan olahan dadar gulung, tidak seperti pancake kebanyakan.

Di dalam adonan pancake ini terdapat isian durian dan sedikit krim. Karena itu, makanan satu ini memiliki tekstur yang lembut dan lumer di mulut. Dan biasanya pancake durian akan dibekukan terlebih dahulu sebelum disajikan agar rasanya semakin segar.

2. Ketan Durian, Makanan Olahan Durian dengan Rasa Super Lezat


Ketan Durian, Makanan Olahan Durian dengan Rasa Super Lezat

Makanan olahan durian berikutnya yang wajib kamu coba adalah ketan durian. Sesuai dengan namanya, hidangan ini terbuat dari ketan yang disiram dengan kuah kental bercita rasa durian. Sekilas memang terlihat sederhana, tapi soal rasa jangan ditanya, lezat banget!

Kuahnya sendiri terbuat dari santan, gula dan daging durian yang super legit. Karena komposisi yang dimilikinya ketan durian jadi salah satu kudapan yang sangat mengenyangkan. Sehingga ketan durian sangat cocok dijadikan sebagai pengganjal perut kala lapar menghampiri.

3. Coba Sop Durian, Makanan Olahan Durian yang Segar dan Mantap


Coba Sop Durian, Makanan Olahan Durian yang Segar dan Mantap

Biasanya sop identik dengan hidangan yang memiliki cita rasa gurih. Tapi sensasi berbeda akan kamu temukan dalam sop durian, pasalnya hidangan satu ini kental dengan sensasi dingin yang menyegarkan.

Sop durian sendiri terdiri dari daging durian yang disajikan dengan es serut, santan dan susu kental manis yang melimpah ruah di atasnya. Bahkan kini sudah ada banyak penjual yang mengkombinasikan sop durian dengan berbagai buah lain, kacang merah hingga parutan keju. Wah cocok banget nih dinikmati saat cuaca sedang panas-panasnya.

4. Strudel Durian Paling Pas Dinikmati Saat Bersantai Bareng Orang Terdekat


Strudel Durian Paling Pas Dinikmati Saat Bersantai Bareng Orang Terdekat

Strudel adalah sejenis hidangan pastri berlapis-lapis dengan isian buah-buahan yang menyegarkan. Di antara variasi strudel yang terkenal di Indonesia adalah strudel durian. Karena diisi dengan durian, aroma hidangan satu ini sangat harum dan menggiurkan.

Begitu disantap, kamu akan mencium aroma dari daging durian yang sangat enak dan nikmat. Selain itu, rasa gurih dari lapisan strudel akan menambah kelezatannya. Sehingga strudel durian sangat cocok dijadikan teman makan teh atau kopi bersama orang-orang terdekat.

5. Ingin Cari Kudapan Lezat yang Tak Biasa? Makan Saja Durian Bakar, Enak dan Nikmat!


Ingin Cari Kudapan Lezat yang Tak Biasa? Makan Saja Durian Bakar, Enak dan Nikmat!

Masyarakat Indonesia mungkin sudah biasa dengan ubi dan jagung bakar. Tapi apa kalian sudah pernah mencoba durian bakar? Memang terdengar unik, tapi durian bakar memiliki aroma serta rasa yang cukup menggugah. Dan pastinya durian bakar sangat cocok untuk kamu yang tidak terlalu menyukai aroma durian. Karena setelah dibakar aroma durian tidak akan terlalu menyengat.

Durian bakar sendiri adalah salah satu makanan khas Suku Dayak di Kalimantan. Tapi jika tak bisa pergi kesana kamu bisa kok membakarnya sendiri di rumah. Ikat buah durian yang masih lengkap dengan kulitnya di atas tungku api. Bakar selama kurang lebih 5 menit dan tunggu hingga dingin baru diangkat. Setelah itu nikmati seperti biasa.

6. Sudah Pernah Merasakan Legitnya Surabi Durian? Kalau Belum, Coba Sekarang!


Sudah Pernah Merasakan Legitnya Surabi Durian? Kalau Belum, Coba Sekarang!

Kalian pasti sudah tidak asing dengan surabi. Ya, kue tradisional asal Solo ini terbuat dari campuran tepung terigu dengan santan, yang disantap dengan kuah berbagai pilihan rasa, termasuk durian. Dan kudapan satu ini termasuk salah satu hidangan yang sangat digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Kue surabi durian sendiri merupakan perpaduan dari surabi dengan saus durian yang terbuat dari daging durian. Kue surabi itu kemudian dicampur dengan santan, gula merah dan daun pandan. Karena berbagai bahan itulah, surabi durian tergolong sebagai makanan yang sangat nikmat dan mantap. Jadi, tertarik mencobanya?

7. Lempok Durian, Makanan Olahan Durian Khas Palembang yang Super Nikmat


Lempok Durian, Makanan Olahan Durian Khas Palembang yang Super Nikmat

Kota Palembang memiliki makanan olahan durian bernama lempok durian. Kudapan satu ini terbuat dari tiga bahan saja, yakni daging durian, gula pasir dan sedikit garam yang dimasak selama berjam-jam hingga mengental dan berubah warna jadi kecokelatan.

Karena dimasak dengan lama, tekstur lempok terasa kenyal hingga menyerupai dodol atau jenang. Meski demikian, lempok durian memiliki cita rasa yang super nikmat dan legit. Karena itulah, kini lempok durian tak hanya populer di Palembang, tapi juga beberapa kota lain di Sumatera bahkan Kalimantan.

8. Ingin Makan Durian yang Dicampur dengan Nasi? Coba Saja Tempoyak Durian


Ingin Makan Durian yang Dicampur dengan Nasi? Coba Saja Tempoyak Durian

Kalian mungkin masih asing dengan nama tempoyak durian. Sebab makanan satu ini lebih banyak ditemukan di Sumatera Selatan. Makanan ini merupakan masakan yang dibuat dari buah durian yang difermentasi. Dan biasanya masyarakat menjadikannya sebagai pendamping nasi dan dicampur dengan sambal. Karena memiliki rasa asam yang khas, kamu akan merasakan sensasi yang berbeda saat memakan hidangan ini dengan nasi.

Demikian delapan makanan olahan durian yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Untuk kalian yang ingin tahu berbagai jenis makanan yang tidak bisa kedaluwarsa, simak artikelnya di sini. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini jika ingin mencari rekomendasi kafe perpustakaan di Indonesia.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel