Viral Meme Anies Baswedan Berwajah Joker, Begini Klarifikasi Pengunggah Status
Nasional
Heboh Anggaran DKI Jakarta

Di tengah heboh kejanggalan rancangan anggaran DKI Jakarta tahun 2020, meme Gubernur Anies Baswedan yang dibuat menyerupai tokoh fiksi Joker pun ikut beredar luas di media sosial.

WowKeren - Kasus kejanggalan dalam rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta masih terus dibicarakan belakangan ini. Pasalnya sejumlah kejanggalan ditemui dalam rancangan APBD tersebut.

Di tengah permasalahan tersebut, jagad maya dibuat heboh dengan beredarnya meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Potret Anies itu sudah diedit sedemikian rupa sehingga menyerupai karakter fiksi Joker.


Dari foto yang beredar luas di media sosial, terlihat pengunggah potret itu adalah pengguna Facebook dengan akun Ade Armando. Namun belakangan unggahan Ade itu telah dicuitkan ulang di Twitter.

Viral Meme Anies Baswedan Berwajah Joker, Begini Klarifikasi Pengunggah Status

Twitter

Belakangan Ade Armando selaku pengunggah meme pun muncul di hadapan publik. Pria yang mengaku sebagai pakar komunikasi itu pun mengaku bahwa memang dirinya yang mengunggah meme tersebut. Namun ia menegaskan bahwa meme itu dibuat oleh orang lain.

"Benar (saya unggah). Bukan (saya yang buat)," jelas Ade, Jumat (1/11). "Saya cuma meng-copy (dan mengunggah ulang). Tapi saya pikir bagus itu."

Ia mengaku hanya bermaksud menyindir sang gubernur terkait dengan kejanggalan RAPBD. Ia juga terang-terangan menyebut meme yang diunggahnya memang diarahkan kepada Anies.

"Itu kan postingan untuk menyindir apa yang dilakukan Pemerintah DKI yang mau membeli lem Aibon, pulpen, beli server, dalam jumlah yang luar biasa, tidak masuk akal," ujarnya. "Itu kan artinya menyedot uang rakyat, itu mendzalimi rakyat, jadi dengan kata lain itu adalah kejahatan."

"Dan kita harus protes dengan apa yang dilakukan oleh Anies itu, itu sebuah bentuk protes terhadap Anies," imbuhnya. "Nggak cuma itu, kalau Anda baca akun saya, hampir setiap hari saya kasih meme, memang itu saya arahkan kepada Anies."

Dalam kesempatan itu, Ade juga ikut berkomentar perihal potensi dirinya dilaporkan ke polisi akibat mengunggah meme tersebut. Untuk diketahui, anggota DPD RI Fahira Idris lah yang mengaku siap melaporkan Ade. Namun rupanya Ade hanya memberikan respons santai.

"Apa? Mau pakai pasal apa? Saya sedang mengkritik seorang gubernur yang secara sewenang-wenang menggunakan uang rakyat itu saya lawan," pungkasnya. "Kalau Anies akan menggugat saya ya silakan, tapi Anies ya yang menggugat, bukan orang lain."

You can share this post!

Related Posts