Waspada Produk Palsu, Simak 7 Tips Ini untuk Memilih Kosmetik yang Aman Bagi Kulit
Lifestyle

Saat ini ada banyak sekali kosmetik berbahaya dan ilegal yang beredar di pasaran. Untuk itu, kita perlu berhati-hati sebelum membeli kosmetik baru jika tak ingin mengalami berbagai kerusakan kulit karena kandungan yang berbahaya di dalamnya.

WowKeren - Setiap wanita pasti selalu ingin tampil cantik di manapun dan kapanpun. Karena itu untuk mempercantik diri wanita biasanya menggunakan berbagai macam kosmetik yang banyak beredar di pasaran.

Tapi perlu diperhatikan jika saat ini ada banyak sekali kosmetik berbahaya yang beredar di pasaran. Jika tidak berhati-hati dalam memilih kosmetik, kita berisiko terkena berbagai masalah kulit yang sangat mengganggu, mulai dari kulit kering hingga jerawat membandel. Dalam kasus yang parah, kosmetik ilegal dan berbahaya bahkan bisa menimbulkan masalah kesehatan misalnya kanker kulit.

Kalian pasti tidak ingin sampai mengalami hal itu bukan? Karena itu sebaiknya kalian berhati-hati sebelum membeli kosmetik di pasaran. Untuk itu, tim WowKeren telah merangkum beberapa tips dalam memilih kosmetik yang aman. Mau tahu apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Beli di Toko Terpercaya Agar Mendapatkan Kosmetik yang Aman dan Tidak Berbahaya


Beli di Toko Terpercaya Agar Mendapatkan Kosmetik yang Aman dan Tidak Berbahaya

Untuk mendapatkan kosmetik yang aman, sebaiknya kamu membelinya di toko yang terpercaya dan sudah dikenal akan kualitasnya. Jika kamu memilih untuk membeli secara online, pastikan juga toko yang kamu tuju benar-benar terpercaya dan menjual produk kosmetik yang asli.

Ketika kamu membeli kosmetik secara langsung di toko, sebaiknya perhatikan kemasan, tekstur, aroma dan warnanya secara detail. Setelah itu bandingkan dengan kosmetik asli yang kamu punya di rumah. Jika kamu menemukan kemasan yang tidak meyakinkan, misalnya tekstur produk yang tidak biasa, aroma menyengat atau warna yang berbeda dari biasanya.

2. Sebelum Membeli, Cek Izin BPOM Kosmetik untuk Memastikan Keamanannya


Sebelum Membeli, Cek Izin BPOM Kosmetik untuk Memastikan Keamanannya

Berbagai produk makanan dan obat-obatan, termasuk kosmetik yang beredar di Indonesia harus mengantongi izin dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Produk apapun yang telah terdaftar di BPOM dapat dipastikan keamanan dan kelayakannya. Untuk itu, sebelum membeli sebaiknya periksa dulu izin BPOM di kosmetik yang hendak kamu beli.

Setiap membeli produk kosmetik, pastikan nomor BPOM telah tercantum di bagian kemasannya. Jika kamu menemukan produk yang tidak memiliki nomor registrasi BPOM, berarti produk itu belum terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan RI. Dan untuk memastikan keaslian nomor tersebut, kamu bisa mengeceknya di situs BPOM https://cekbpom.pom.go.id.

3. Perhatikan Kemasan Produk Kosmetik yang Kamu Beli untuk Memastikan Keamanannya


Perhatikan Kemasan Produk Kosmetik yang Kamu Beli untuk Memastikan Keamanannya

Kosmetik berbahaya biasanya tidak hanya ada pada produk dengan merek yang tidak terdaftar, tapi juga produk-produk merek ternama yang dipalsukan. Untuk itu, sebelum membeli kamu harus memeriksa kemasan produk kosmetik untuk memastikan keamanannya.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikannya. Pertama, perhatikan kemasan dan label produk. Produk palsu biasanya memiliki kemasan dengan kualitas kurang baik dan labelnya dicetak secara manual, bukan cetakan pabrik. Selain itu, beberapa merek biasanya menempelkan stiker hologram di bagian penutup kemasan untuk menjamin keasliannya. Karena itu pastikan kosmetik yang kamu beli memiliki stiker hologram dalam kondisi baik ya.

4. Ingin Membeli Kosmetik yang Aman? Jangan Lupa untuk Mengecek Komposisi Produknya Ya


Ingin Membeli Kosmetik yang Aman? Jangan Lupa untuk Mengecek Komposisi Produknya Ya

Selain memeriksa kemasan produk, sebaiknya cek pula komposisi yang ada di dalamnya. Sebab dalam kosmetik yang palsu biasanya terkandung bahan-bahan berbahaya yang bisa menimbulkan dampak buruk pada kulit jika digunakan dalam jangka panjang.

Karena itu, selalu teliti komposisi kosmetik pilihanmu sebelum membelinya. Di antara bahan-bahan berbahaya yang ada dalam kosmetik adalah SLS, aluminium, phthalates, merkuri dan timbal. Jangan sampai bahan-bahan ini ada di dalam komposisi kosmetik yang hendak kamu beli ya.

5. Suka Tertarik dengan Kosmetik yang Dijual dengan Harga Super Murah? Boleh Saja, Tapi Hati-Hati Ya


Suka Tertarik dengan Kosmetik yang Dijual dengan Harga Super Murah? Boleh Saja, Tapi Hati-Hati Ya

Harga kosmetik biasanya sangat beragam, ada yang murah ada pula yang mahal banget. Untuk menghemat dana, tidak sedikit orang lebih memilih produk kosmetik yang dijual dengan harga lebih murah, padahal tipe dan jenisnya sama. Hal ini boleh saja dilakukan, tapi sebaiknya kalian berhati-hati ya.

Pasalnya ada banyak sekali kasus yang membuktikan bahwa produk kosmetik dengan harga murah ternyata palsu dan ilegal. Jika sudah demikian, kita tidak bisa memastikan kandungan yang ada di dalamnya aman atau tidak. Karena itu sebaiknya jangan mudah tertipu dengan kosmetik yang dijual dengan harga murah meriah, dan selalu periksa keasliannya ya.

6. Mencari Tahu Review Produk Bisa Membantumu untuk Mencari Tahu Aman Tidaknya Suatu Kosmetik


Mencari Tahu Review Produk Bisa Membantumu untuk Mencari Tahu Aman Tidaknya Suatu Kosmetik

Produk kosmetik yang baru dan murah biasanya suka membuat penasaran. Tapi kalau bisa jangan sampai gegabah untuk membelinya tanpa pertimbangan apapun ya. Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana pendapat orang lain yang sebelumnya menggunakan produk tersebut.

Di era modern saat ini kamu bisa mengetahui review produk melalui berbagai laman online. Biasanya ada pengguna yang menceritakan pengalamannya dalam menggunakan produk tertentu. Mereka akan memberikan ulasan lengkap tentang produk yang digunakannya, beserta kelebihan dan kekurangannya.

7. Perhatikan Reaksi Setelah Pemakaian Produk Kosmetik untuk Memastikan Keamanannya


Perhatikan Reaksi Setelah Pemakaian Produk Kosmetik untuk Memastikan Keamanannya

Sebelum membeli produk di toko-toko terpercaya biasanya kamu akan mencoba tester kosmetik. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit produk ke punggung tangan untuk melihat tekstur, warna serta cocok tidaknya dengan yang kamu cari.

Hal ini jangan sekedar dijadikan untuk mencari produk yang sesuai dengan keinginanmu, tapi jadikan media untuk mencari tahu aman tidaknya kosmetik yang hendak kamu beli. Sebab kosmetik palsu biasanya akan menimbulkan gejala berupa ruam merah, kulit gatal dan bengkak hingga sakit kepala yang mirip dengan gejala alergi kosmetik.

Demikian tujuh tips memilih kosmetik aman yang telah tim WowKeren rangkum untukmu. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai brand makeup milik artis Indonesia. Selain itu kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa merek maskara yang murah dan berkualitas.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru