Penat dengan Hiruk Pikuk Jakarta? Datangi Saja 7 Hutan Kota Ini untuk Menyejukkan Pikiran
Travel

Mendatangi hutan kota adalah salah satu pilihan yang tepat untuk melepas kepenatan selama tinggal di Jakarta. Nah, berikut tujuh hutan kota yang memiliki suasana asri dan menyejukkan.

WowKeren - Tinggal di ibukota Jakarta dengan segala kemodernan yang dihadirkan bisa dibilang sebagai suatu pengalaman yang menyenangkan. Segala kecanggihan yang ditawarkan mulai dari beragam jenis moda angkutan transportasi hingga berbagai fasilitas umum lainnya memang bisa membuat aktivitas kita jadi lebih mudah.

Namun ada beberapa sisi negatif yang dimiliki Jakarta. Kepadatan penduduk dengan berbagai macam kesibukan seolah jadi beban tersendiri yang masih jadi PR besar Jakarta. Belum lagi tingkat polusi yang tinggi karena banyaknya kendaraan dan gedung-gedung pencakar langit yang bisa membuat kualitas udara memburuk. Alhasil penat, suntuk dan bosan pun tak terhindarkan.

Jika sudah demikian, warga Jakarta biasanya lari ke pegunungan yang ada di Jawa Barat untuk melepas penat. Tapi sebenarnya ada pilihan lain jika kalian mencari kesegaran alami di Jakarta. Salah satunya adalah dengan mendatangi hutan kota yang memiliki suasana asri dan menyejukkan. Nah, berikut beberapa hutan di Jakarta yang bisa kamu datangi untuk menghilangkan kepenatan selama tinggal di ibukota.

(wk/eval)

1. Datangi Hutan Kampus Universitas Indonesia di Jakarta Saat Penat Menghampiri


Datangi Hutan Kampus Universitas Indonesia di Jakarta Saat Penat Menghampiri

Hutan kota pertama di Jakarta yang bisa banget kamu datangi adalah Hutan Kampus Universitas Indonesia (UI). Hutan ini tidak hanya terbatas untuk dinikmati oleh civitas akademika saja, tapi pengunjung umum pun diperbolehkan untuk datang. Hutan kampus UI ini memiliki luas hingga 90 hektar dengan suasana yang hijau, teduh dan tenang. Menariknya lagi hutan ini memiliki banyak sekali potensi, seperti sarana serapan air, pelestarian plasma nutfah hingga lahan penelitian biodiversitas UI.

Di hutan itu juga ada banyak jenis pepohonan, seperti Jati, Meranti, Kopi, Karet hingga Matoa. Tidak berhenti di situ, sebab hutan kampus UI juga memiliki enam danau besar yakni Danau Kenanga, Danau Agathis, Danau Mahoni, Danau Puspa, Danau Ulin dan Danau Salam. Karena itulah saat akhir pekan tiba tidak sedikit orang yang mendatangi hutan kampus UI untuk rekreasi, olahraga maupun sekedar menikmati suasana.

2. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, Hutan di Jakarta yang Mirip dengan Bali


Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, Hutan di Jakarta yang Mirip dengan Bali

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk adalah pilihan lainnya yang wajib kamu datangi saat penat melanda. Karena menghadirkan pemandangan yang super indah, hutan ini juga jadi salah satu spot foto outdoor yang paling diminati. Hutan yang lokasinya mirip dengan Bali ini juga memiliki danau buatan yang cantik.

Selain itu hutan ini juga cocok untuk kamu yang ingin menikmati angin sepoi-sepoi di tengah kota dengan suasana yang modern. Sebab kawasan ini memiliki luas sekitar 99 hektar dan 40 persen lahannya dimanfaatkan untuk hutan mangrove. Karena itulah, Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk juga dijadikan sebagai tempat menahan abrasi ombak laut yang ganas.

3. Penat dengan Sibuknya Jakarta? Segarkan Pikiranmu dengan Mendatangi Hutan Kota Srengseng


Penat dengan Sibuknya Jakarta? Segarkan Pikiranmu dengan Mendatangi Hutan Kota Srengseng

Hutan kota berikutnya yang bisa kamu kunjungi di Jakarta adalah hutan kota Srengseng. Hutan ini memiliki banyak tanaman dan pepohonan rimbun di sekitarnya, sehingga kamu tidak akan kepanasan saat berada di sana. Di hutan ini ada sekitar 65 spesies pohon tinggi dengan berbagai jenis dan tipe. Seperti Jati, Flamboyan, Ketapang, Akasia, Mahoni dan sebagainya.

Selain itu juga terdapat pohon pendek seperti Perdu dan tanaman rambat yang ikut menghiasi hutan ini. Karena ada banyak pohon dan tanaman, hutan ini juga ditinggali oleh banyak burung. Sehingga tidak heran jika hutan kota Srengseng juga jadi habitat berbagai satwa, seperti reptil, tikus, kadal, biawak dan lain-lain. Pengunjung biasanya berolahraga di hutan ini sambil menyaksikan keharmonisan tumbuhan dan binatang yang ada di sana.

4. Nikmati Kesejukan Udara Jakarta di Hutan Kemayoran yang Indah


Nikmati Kesejukan Udara Jakarta di Hutan Kemayoran yang Indah

Hutan Kemayoran adalah hutan yang dibuat di atas bekas lahan bandara Kemayoran. Meski tergolong baru, hutan ini telah dihuni oleh berbagai macam satwa liar, mulai dari yang berjenis unggas hingga serangga. Karena itu, Hutan Kemayoran merupakan salah satu tempat yang tepat untuk merasakan sejuknya udara Jakarta sambil mendengarkan merdunya kicauan burung.

Hutan Kemayoran sendiri saat ini tengah direvitalisasi karena Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana untuk menjadikan hutan ini sebagai salah satu kawasan unggulan di Jakarta. Fasilitas, sarana dan infrastruktur di hutan ini tengah dilengkapi, termasuk lintasan jogging. Pemerintah setempat menargetkan revitalisasi ini akan rampung pada akhir November 2019.

5. Sejukkan Pikiran yang Suntuk dengan Mendatangi Hutan Kota Pesanggrahan Sangga Buana Jakarta


Sejukkan Pikiran yang Suntuk dengan Mendatangi Hutan Kota Pesanggrahan Sangga Buana Jakarta

Hutan Kota Pesanggrahan Sangga Buana dikenal sebagai salah satu hutan yang memiliki banyak fungsi. Di antaranya adalah lokasi konservasi dan edukasi hingga sebagai tempat rekreasi untuk menyejukkan pikiran. Begitu memasuki hutan ini kamu akan langsung dihadapkan dengan hamparan rerumputan hijau yang dikelilingi oleh berbagai jenis pepohonan. Menariknya, di tengahnya terdapat simbol bola dunia berwarna biru yang ditopang dan dikelilingi oleh beberapa tiang kayu.

Di hutan ini kamu juga akan melihat beberapa rumah tradisional Betawi. Berada di antara rerimbunan pohon bambu, bangunan adat itu difungsikan sebagai perpustakaan dan musholla. Tidak berhenti di situ, sebab kamu juga akan menemui lapangan sepak bola yang luas di sebelah kanan pintu. Sehingga mengajak buah hati berakhir pekan di tempat ini adalah salah satu pilihan yang tepat.

6. Hilangkan Stres dan Penat dengan Mengunjungi Taman Tebet Honda


Hilangkan Stres dan Penat dengan Mengunjungi Taman Tebet Honda

Taman Tebet Honda merupakan sebuah taman seluas 1.800 meter persegi yang diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo pada 2010 silam. Ini adalah taman terbuka hijau yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk beraktivitas dan menghilangkan segala penat atau stres karena hiruk pikuk kota Jakarta. Menariknya lagi, kawasan taman ini terbelah oleh anak sungai yang mengalir dari Pasar Minggu ke arah Manggarai.

7. Ingin Jalan-jalan Murah dan Sehat di Jakarta? Mampir Aja ke Hutan Kota Cijantung


Ingin Jalan-jalan Murah dan Sehat di Jakarta? Mampir Aja ke Hutan Kota Cijantung

Hutan kota berikutnya yang bisa kamu temukan di Jakarta adalah Hutan Kota Cijantung. Hutan ini terletak tidak jauh dari gerbang masuk Kompleks Markas Komando Kopassus dan Mal Cijantung. Di dalam hutan seluas 17.500 hektar ini terdapat beragam flora, seperti Mahoni, Jati, Ketapang, Asam Landi, Angsana, dan sebagainya. Karena itu, hutan ini jadi salah satu pilihan tepat untuk kamu yang ingin berjalan-jalan tanpa mengeluarkan banyak uang.

Demikian tujuh hutan kota di Jakarta yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui rekomendasi tempat makan bernuansa alam di Jakarta. Selain itu kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui rekomendasi restoran seafood di Jakarta yang tawarkan menu lezat dan nikmat.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru