Kemenkumham Bantah Berita Menteri Yasonna Laoly Salah Masuk Mobil
Nasional

Sebelumnya, Menkumham Yasonna Laoly sempat dikabarkan salah memasuki mobil tamu di Gedung Administrasi Hukum Umum Kemenkumham pada Senin (4/11) lantaran menghindari pertanyaan awak media.

WowKeren - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly hingga kini masih kerap mendapat pertanyaan terkait Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) KPK. Yasonna pun diberitakan menghindari cecaran awak media terkait hal itu hingga salah masuk mobil. Insiden tersebut diberitakan terjadi usai Yasonna menggelar acara Memorandum of Cooperation (MoC) dengan Menteri Kehakiman Laos, Seysi Sevtihong, di Gedung Administrasi Hukum Umum Kemenkumham pada Senin (4/11) kemarin.

Kemenkumham sendiri lantas membantah pemberitaan tersebut. Menurut Kepala Bagian Protokol dan Keamanan (Propam) Kemenkumham, Ardian Nova Christiawan, sang Menteri tidak salah masuk mobil karena sudah ada anggota protokoler yang mengarahkan baik Yasonna maupun Seysi.

"Berdasarkan pantauan Kepala Sub Bagian Protokoler Kemenkumham Dimitri Bhisma yang berada di lapangan sekaligus mengawal mengarahkan Menkumham Yasonna Laoly masuk ke mobil dinasnya usai penandatangan MoC," ujar Ardian dilansir CNN Indonesia pada Rabu (6/11). "Jadi kalau saya pribadi saat meminta keterangan Bhisma terkait berita salah masuk mobil, itu tidak benar."

Ardian lantas menjelaskan bahwa protokoler selalu bersiaga di depan kendaraan. Hal ini merupakan standar operasional prosedur (SOP) Propam di Kemenkumham. "Ada satu petugas Propam yang menempel di kendaraan menteri," jelas Adrian.


Selain itu, Adrian juga menjelaskan bahwa posisi mobil Seysi memang ditempatkan di depan mobil Yasonna. Ardian juga menegaskan bahwa Kepala Sub Bagian Protokoler Dimitri Bhisma telah mengarahkan Yasonna ke mobilnya yang berada di belakang. Dimitri juga sudah mengarahkan Seysi untuk segera memasuki mobilnya yang berada persis di pintu masuk utama Gedung Ditjen AHU.

"Tidak benar ada berita menuliskan pak Yasonna Laoly salah menaiki mobilnya," tegas Adrian. "Atau menuliskan Menkumham Yasonna sudah menaiki mobil tamu (Menteri Kehakiman Laos) Lalu turun dan berpindah ke mobilnya yang berada di belakang."

Tak hanya itu, Ardian juga membantah Yasonna tampak buru-buru karena menghindari pertanyaan terkait Perppu KPK. Menurutnya, Yasonna saat itu terburu-buru karena akan menjamu Seysi selaku Menteri Kehakiman Laos untuk makan siang. "Menkumham buru-buru saat itu karena mau menuju ke hotel untuk menjamu tamunya bukan menghindari wartawan," ungkap Ardian.

Oleh sebab itu, Ardian meminta agar awak media yang memberitakan Yasonna salah menaiki mobil tamu untuk mengecek kembali faktanya. Ia juga mengaku memiliki bukti terkait hal ini berupa rekaman video CCTV.

"Sebab seperti video rekaman di CCTV tidak benar pak menteri menaiki kendaraan tamu. Atau dikabarkan Menkumham salah menaiki mobil lalu turun lagi kembali ke kendaran beliau," pungkas Ardian. "Nanti bisa dilihat di rekaman video CCTV milik Ditjen AHU."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts